Sukabumi Update

Silvio Berlusconi Mantan Presiden AC Milan Meninggal Dunia di Usia ke-86 Tahun

Silvio Berlusconi Mantan Presiden AC Milan Meninggal Dunia di Usia ke-86 Tahun. | (Sumber : Twitter/@MilanPosts.)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar duka menghampiri dunia sepakbola khususnya bagi penggemar Serie A Italia. Mantan Presiden AC Milan sekaligus mantan PM Italia, Silvio Berlusconi diberitakan meninggal dunia di usia ke 86 tahun.

Taipan media, yang sebelumnya memimpin pemerintahan Italia dalam kurun waktu 1994 dan 2011 dengan partai Forza Italia-nya telah menderita penyakit leukimia pada beberapa waktu terakhir.

Mengutip The Guardian, Silvio Berlusconi merupakan salah satu politisi yang paling flamboyan di Italia. Ia membuat comeback politik pada 2017 meskipun di karirnya ternodai skandal seks, tuduhan korupsi dan hukuman penipuan pajak.

Baca Juga: Lintasan Rel Kereta di Segog Sukabumi Dipasang Alat Ini, Solusi Kemacetan?

Mantan penguasa AC Milan itu meninggal dunia di rumah sakit San Raffaele di Milan. Dimana sang mendiang menghabiskan enam minggu di musim semi untuk menjalani perawatan karena infeksi paru-paru yang berkaitan dengan leukemia myelomonocytic kronis.

Perjalanan Hidup Silvio Berlusconi

Berlusconi lahir di Milan Italia pada tahun 1936 dari keluarga kelas menengah. Berlusconi kemudian memulai karir bisnisnya dengan pengembangan properti sebelum akhirnya mendirikan Mediaset, penyiar komersial terbesar di Negara Italia.

Tercatat, Silvio Berlusconi juga memiliki klub raksasa Italia, AC Milan antara tahun 1986 dan 2017. Partai Forza Italia didirikan pada tahun 1993 dan setahun setelahnya ia menjadi Perdana Menteri Italia.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Silvio Berlusconi memegang jabatan pemerintahan dan masa jabatan keduanya diantara tahun 2001 dan 2006. Ia kembali berkuasa pada 2008, namun pada tahun 2011 ia terpaksa mengundurkan diri karena krisis utang akut.

Mantan PM Italia itu kemudian dihukum karena penipuan pajak yang dilakukan pada 2012. Ia menjalani hukuman selama setahun dengan melakukan pelayanan masyarakat paruh waktu di sebuah rumah tinggal di Milan.

Larangannya mencalonkan diri kemudian dicabut pada waktunya saat pemilihan umum tahun 2018. Partai Forza Italia mencalonkan diri dalam koalisi dengan Liga dan Saudara Italia tapi sayangnya tidak mencapai 40% yang dibutuhkan untuk memerintah.

Baca Juga: Link Nonton Film Evil Dead Rise Full Movie, Teror Iblis yang Sadis dan Brutal

Lalu di tahun 2019, Berlusconi memenangkan kursi di parlemen Eropa dalam pemilihan umum Oktober 2022. Partainya kembali berkuasa dalam koalisi yang dipimpin oleh Saudara Italia Giorgia Meloni.

Saat itu Berlusconi terpilih sebagai senator. Ia dijuluki II Cavaliere (ksatria), Ia dianggap sebagai raja dalam sejarah politik Italia.

Silvio Berlusconi bersama AC Milan telah memenangkan 29 trofi dalam 31 tahun di bawah Berlusconi sebagai presiden dan pemilik.

Sumber: The Guardian

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT