Sukabumi Update

Format Baru Liga Champions Mulai 2024, Ada 36 Tim di Babak Grup

Liga Champions musim 2024/25 akan mulai menerapkan format baru | Foto: Instagram/@championsleague

SUKABUMIUPDATE.com - Liga Champions Eropa dikabarkan akan menerapkan format baru mulai musim kompetisi 2024/25, salah satu yang berubah yaitu jumlah peserta yang akan berpartisipasi menjadi lebih banyak.

Perubahan format kompetisi tersebut diketahui setelah Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengirim surat kepada semua asosiasi anggotanya untuk menjelaskan prosedur baru kualifikasi Liga Champions.

Format yang diperluas akan mulai berlaku untuk musim 2024-2025, tetapi UEFA telah mengambil langkah-langkah untuk memberi tahu tim tentang aturan kualifikasi baru.

Baca Juga: Tyronne del Pino Tinggalkan Persib Bandung, Ini Alasannya

Melansir dari Tempo.co, mulai 2024 dan seterusnya, setiap liga akan dapat mengirimkan maksimal lima tim ke babak grup Liga Champions. Perubahan yang paling penting terkait dengan bagaimana empat tempat tambahan di babak penyisihan grup akan didistribusikan. Setelah musim mendatang, Liga Champions akan berubah dari 32 menjadi 36 peserta.

Salah satu tempat tersebut akan diberikan kepada asosiasi peringkat kelima dalam hal akumulasi peringkat UEFA selama lima tahun terakhir. Satu lagi akan diberikan kepada asosiasi pemenang Liga Champions tahun sebelumnya, yang berarti Liga Premier akan diberikan lima tempat di babak penyisihan grup jika peraturan mulai berlaku sekarang.

Dua tempat baru yang tersisa akan diberikan kepada asosiasi yang tampil terbaik di semua kompetisi UEFA musim sebelumnya. Ini dapat memungkinkan negara-negara yang lebih kecil untuk mendapatkan akses yang lebih besar ke Liga Champions jika tim mereka tampil baik di Liga Europa atau Liga Conference.

Baca Juga: Coach Manu: Tong Hariwang! Usai Persib Imbang Lawan Arema di Liga 1

UEFA memilih melakukan perubahan ini untuk melawan ancaman dari Liga Super. Tim dari liga yang lebih besar, di mana kualifikasi lebih sulit karena persaingan domestik yang lebih besar, telah mendorong akses yang lebih besar ke babak grup. Perubahan tersebut diharapkan memberi peluang bagi liga terbesar untuk mendapatkan tempat kelima di Liga Champions.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT