Sukabumi Update

KNPI Kabupaten Sukabumi Dorong Raperda Olahraga

SUKABUMIUPDATE.COM - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Sukabumi menggelar seminar olahraga untuk mendongkrak prestasi. Seminar diarahkan untuk mengumpulkan bahan penyusunan rancangan Peraturan Daerah (perda) olah raga di Kabupaten Sukabumi. 

"Selama ini tidak ada payung hukum untuk melakukan kegiatan yang berkenaan dengan peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Sukabumi. Kita jadi sulit mengembangkan apapun terkait olahraga, jelas Sekretaris panitia seminar DPD KNPI Irwan Setiawan di Gedung Pendopo Bupati yang berlokasi di Jalan A Yani, Kota Sukabumi, Jumat (5/8). 

Sistem keolahragaan di Kabupaten Sukabumi selama ini tidak memiliki perangkat pengatur, petunjuk teknis maupun petunjuk pelaksana dalam bentuk perda. "Selama ini semuanya dilakukan secara sporadis sehingga tidak ada targetan yang jelas, mau seperti apa pembangunan olahraganya," tambah Irwan. 

Undang-undang Nomor 3 tahun 2005, seharusnya menjadi payung hukum setiap daerah di Indonesia untuk menyusun agenda strategis rencana pembangunan olahraga. "Sebernarnya ini bukan domain kami, tapi KNPI peduli dan siap menjadi pelopor lahirnya perda olahraga di Kabupaten Sukabumi," lanjut Irwan. 

Hasil seminar ini akan direkomendasikan ke pemda untuk menjadi bahan rumusan usulan untuk merancang perda olahraga. "PON Jawa Barat dimana salah satu tuan rumahnya Kabupaten Sukabumi harus dijadikan momentum untuk meningkatkan prestasio atlet daerah," tegas Irwan. (*)

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI