Sukabumi Update

Erick Thohir Pastikan VAR di Liga 1 Siap Digunakan Pada Februari 2024

Erick Thohir Pastikan VAR di Liga 1 Siap Digunakan Pada Februari 2024. (Sumber : PSSI)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketum PSSI Erick Thohir hingga saat ini terus mematangkan kesiapan penggunaan asisten wasit video atau VAR untuk diaplikasikan di sepakbola tanah air. Erick mengungkapkan jika pelatihan VAR telah berlangsung di fase pertama.

"Nah untuk Piala Dunia U-17 kita ambil lagi untuk lagi training fase kedua," ujar Erick dalam perjalanan Whoosh menuju ke Stasiun Tegalluar, Bandung, Senin (9/10), sebagaimana dikutip via laman resmi pssi.

Erick Thohir mengatakan pelatihan VAR terus berlanjut di fase ketiga pada Desember mendatang. Ia juga menyampaikan merek dan sistem VAR untuk Piala Dunia U-17 sama dengan yang akan digunakan di Liga 1 pada Februari 2024.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

"Insya Allah di Desember, pelatihan fase ketiga, ini sudah bisa kita dorong untuk kita tuntaskan dan ketika Februari nanti VAR benar-benar ada," ucap Erick.

Menurutnya, penggunaan VAR adalah terobosan baru untuk mewujudkan sepakbola Indonesia yang lebih profesional dan bersih. Nantinya penempatan VAR akan disampaikan PT Liga Indonesia Baru untuk Liga 1.

"Dengan ini kita harapkan bisa menekan kesalahan individu untuk para wasit, tetapi kalau ada 'permainan', pengaturan skor, atau sepakbola negatif, ya tetap kita tangkap. Polisi punya komitmen penjarakan, saya punya komitmen hukum seumur hidup," ucap Erick.

Baca Juga: 7 Cara Bicara yang Membuatmu Banyak Disukai Orang-orang, Yuk Lakukan

Erick menegaskan PSSI melalui komite wasit telah berdiskusi dengan komdis dan PT Liga perihal menghukum oknum wasit.

"Itu lah yang kita harus dorong agar sepakbola ini terus bisa terjadi peningkatan, tidak hanya industri olahraganya tapi juga prestasinya juga, karena ini berkaitan," kata Erick.

Sumber: pssi.org

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT