Sukabumi Update

Terbantai di Laga Uji Coba, Ini Alasan Shin Tae-Yong Pilih Lawan Libya

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong mengungkapkan alasan mengapa memilih Libya sebagai lawan uji coba (Sumber : dok.pssi)

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia melakukan uji coba menghadapi Libya di Mardan Sports Complex, Turki, Selasa, 2 Januari 2024 sebagai persiapan menghadapi Piala Asia 2024.

Dalam pertandingan tersebut pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong benar-benar memanfaatkan kesempatan dengan mencoba menurunkan hampir semua pemainnya, apalagi laga tersebut tidak berpengaruh pada poin di ranking FIFA.

Hasilnya, Indonesia harus menyerah dengan skor telak 4-0. Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan alasan memilih Libya sebagai lawan tanding uji coba kali ini.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Januari 2024: 3 Kali Uji Coba, 3 Match Piala Asia

"Jadi (melalui uji coba ini) kami bisa bisa kontrol kondisi pemain. Fokus kami yang pertama memang di Piala Asia. Jadi segala sesuatunya akan difokuskan ke situ," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

Terkait keputusan memilih Libya sebagai lawan tanding, Shin Tae-yong mengaku tidak ada alasan khusus. Dia hanya mencari tim yang tersedia untuk bisa diajak bertanding.

Jika melihat ranking FIFA pada bulan Desember 2023, Libya menempati posisi 126. Sedangkan, Timnas Indonesia di peringkat 147.

"Jadi sebetulnya tidak ada alasan khusus memilih Libya, memang di tahun baru ini susah mencari lawan tanding, tapi Libya sebagai tim dari Afrika mau datang untuk melawan kita di Turki di tanggal 2 dan 5 Januari ini," ucap Shin Tae-yong.

Baca Juga: Perubahan Hari Jadi Persib Bandung Ditentang, Siap Dibawa ke Meja Hijau?

Selain dua kali melawan Libya, Timnas Indonesia masih punya satu agenda uji coba lagi melawan Iran. Laga itu akan digelar di Qatar pada 9 Januari.

Laga melawan Libya sendiri akan berlangsung sebanyak dua kali, yakni pada 2 dan 5 Januari 2024. Dalam dua laga itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ingin melihat sejauh mana timnya siap berlaga di Piala Asia 2023 Qatar yang akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT