Sukabumi Update

5 Fakta Menarik Kemenangan Indonesia VS Vietnam di Piala Asia 2023

Asnawi Mangkualam dan Eggy | Fakta Menarik Kemenangan Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023 | Foto : X/afcasiancup

SUKABUMIUPDATE.com - Laga Indonesia VS Vietnam menjadi salah satu kabar gembira bagi dunia sepak bola. Sebab, kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 memunculkan banyak fakta menarik.

Skuad Garuda (Timnas Indonesia) berhasil mengalahkan rival dari Asia Tenggara dengan skor tipis 1-0 dalam laga di di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1/2024) malam kemarin.

Gol semata wayang Garuda dalam laga ini dicetak kapten Asnawi Mangkualam lewat titik putih pada menit ke-42. Timnas Indonesia juga mendapat hadiah penalti setelah Rafael Struick dijatuhkan salah satu pemain belakang Vietnam di kotak terlarang.

Baca Juga: 12 Gejala Non Verbal Anak Stres Karena Mengalami Tekanan Batin

Tak hanya itu, ada fakta-fakta menarik lainnya usai Timnas Indonesia kalahkan Vietnam di Piala Asia 2023. Berikut rangkumannya sebagaimana merujuk Suara.com!

Fakta Menarik Kemenangan Indonesia VS Vietnam di Piala Asia 2023

1. Shin Tae Yong Akhiri Kutukan Vietnam

Kemenangan ini membawa Shin Tae Yong mengakhiri kutukan saat berhadapan dengan Vietnam. Ini merupakan kemenangan perdana sang pelatih atas Golden Star Warriors selama memimpin Timnas Indonesia di level senior.

Sebelum pertandingan ini, Shin Tae Yong harus melihat Timnas Indonesia didominasi Vietnam dengan rincian dua imbang dan dua kekalahan.

2. Timnas Indonesia Kembali Punya Taring

Sebelum pertandingan ini, Timnas Indonesia tak punya taring saat menghadapi Vietnam dalam empat tahun terakhir

Baca Juga: 8 Ciri Orang Tua Stres Karena Mengalami Tekanan Batin

Kemenangan 1-0 membuat Timnas Indonesia mengakhiri puasa gol ke gawang Vietnam di mana terakhir kali Garuda merobek jala lawannya itu terjadi pada 2019 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

3. Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah

Asnawi Mangkualam mencetak sejarah setelah mencetak gol ke gawang Vietnam. Dia jadi kapten Timnas Indonesia perdana yang mencatatkan namanya di papan skor Piala Asia.

Sebelumnya pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007, nama-nama macam Sudirman, Aji Santoso, Agung Setyabudi, hingga Ponaryo Astaman yang jadi skipper Timnas Indonesia tidak mencetak gol di turnamen yang mereka ikuti sebagai kapten utama Garuda.

Baca Juga: Absen Baraya Sukabumi Story Viral di TikTok, Palabuhanratu hingga Goalpara!

Ponaryo Astaman mencetak gol pada edisi 2004, namun gelandang legendaris ini baru jadi kapten Timnas Indonesia pada Piala Asia 2007.

4. Vietnam Tersingkir

Kemenangan Timnas Indonesia juga memastikan tersingkirnya Vietnam dari Piala Asia 2023. The Golden Star Warriors kini menduduki posisi buncit di Grup D dengan nol poin.

Laga terakhir Vietnam kontra Irak sudah tak berpengaruh lagi mengingat poin maksimal mereka hanya tiga dan secara head-to-head kini kalah dari Jepang dan Indonesia.

5. Timnas Indonesia Bisa Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Timnas Indonesia sekaligus memperpanjang napas untuk bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 usai mengalahkan Vietnam.

Skuad Garuda kini menduduki urutan tiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin, setara Jepang di urutan kedua di mana kedua tim akan saling sikut pada matchday terakhir yang dijadwalkan berlangsung 24 Januari mendatang.

Sumber: Suara.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT