Sukabumi Update

Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 Kontrak STY Belum Tentu Diperpanjang, Ini Alasannya

Meskipun bawa Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, kontrak STY belum tentu diperpanjang. (Sumber : dok.pssi)

SUKABUMIUPDATE.com - Kontrak STY (Shin Tae-yong) sebagai pelatih timnas Indonesia ternyata belum tentu akan diperpanjang meski sukses membawa tim Garuda menuju tujuan Piala Asia 2023.

Mengutip Suara.com, Shin Tae-yong menorehkan sejarah sebagai pelatih pertama yang sukses mengantarkan Timnas Indonesia ke babak gugur Piala Asia.

Pelatih kenamaan asal Korea Selatan itu membawa Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bertarung di Grup D bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Akan Mendapatkan Ketenangan Selama Hidupnya

Alhasil, Timnas Indonesia mampu meraih satu kemenangan atas Vietnam (1-0) dan dua kali kalah yakni saat melawan Irak dan Jepang dengan skor identik 1-3.

Perolehan tiga poin nyatanya sudah cukup bagi skuad Garuda untuk lolos ke 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik menyusul kegagalan Oman mengalahkan Kirgistan di Grup F.

Pasca mencapai target PSSI yakni lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, pembahasan terkait perpanjangan kontraknya pun mengemuka.

Baca Juga: Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Sebagai informasi, kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan rampung pada Juni 2024 dan PSSI sempat berjanji bakal memberi perpanjangan andai Timnas Indonesia mampu menunjukkan hasil baik di tahun ini.

Kini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir buka suara. Dia menyebut kontrak Shin Tae-yong belum tentu diperpanjang. PSSI masih ingin melihat kinerja sang pelatih di Piala Asia U-23 2024 Qatar yang akan bergulir dari 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Hal ini dikatakan Erick karena kesepakatan perpanjangan kontrak dengan STY disepakati setelah sang pelatih berhasil membawa dua level timnas yang berlaga di Piala Asia tahun ini masuk ke babak gugur.

Baca Juga: Dua Skenario Timnas Indonesia Bisa Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

“Ada dua waktu itu, satu target daripada tim nasional senior lolos 16 besar, lalu juga untuk U-23 sama,” kata Erick Thohir dikutip dari Antara, Sabtu (27/1/2024).

"Jadi masih ada PR tambahan gitu dan sama-sama kita jaga profesionalisme."

Terkait babak 16 besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sudah ditunggu Australia. Erick berharap Shin Tae-yong dapat memimpin Garuda memberi perlawanan terhadap lawan yang di atas kertas jauh lebih tangguh itu.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Ketenangan dan Kebahagian Hingga Tua

"Permainannya Australia berbeda dengan Jepang, dengan Korea Selatan dan kita juga banyak sekarang pemain yang sudah berlaga di Liga Inggris ataupun di Liga Belanda mungkin secara pertandingan lebih bisa saling mengimbangi gitu,” kata Erick Thohir.

Sumber: Suara.com

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT