Sukabumi Update

Siapa Jairo Riedewald? Pemain Crystal Palace yang Ngebet Ingin Bela Timnas Indonesia

Jairo memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Manado. (Sumber : Instagram).

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Jairo Rieldewald saat ini tengah ramai diperbincangkan oleh para penggemar bola tanah air, karena pesepakbola yang bermain untuk klub Liga Inggris Crystal Palace ini dikabarkan ingin membela Timnas Indonesia.

Diketahui, Informasi ini disampaikan langsung oleh Eks Exco PSSI Hasani Abdulgani melalui akun Instagram pribadinya. Dalam ungkapannya itu, sang pemain memiliki darah tanah air dan berkeinginan dinaturalisasi.

“Sudah lama nama Jairo Riedewald muncul disaat PSSI ingin merekrut pamain diaspora. Tapi selama ini ragu, kalau pemain dari Crystal Palace ini punya hubungan darah dengan Indonesia. Kabarnya Jairo keturunan dari Suriname,”

Baca Juga: Ditawari Latih Negara Lain, Shin Tae-yong Pilih Setia dengan Timnas Indonesia

“Namun minggu lalu seseorang mengkontak saya, mengatakan cucunya ingin bermain untuk Timnas. "Siapa cucunya," tanya saya. "Dia sekarang bermain di Crystal Palace," jawab beliau. "Jairo Riedewald?".

“Bukankah Jairo turunan Suriname? "Neneknya Jairo, adek saya. Kami berasal dari Menado," jawab beliau. Kalau benar dan secara administrasi bisa dilengkapi, tentu Timnas sangat diuntungkan bisa mendapat pemain grade A ini. Mudah2an terjadi.” tulis caption dari Hasani Abdul Gani.

Profil Jairo Riedewald

Jairo Riedewald adalah pemain sepak bola profesional asal Belanda yang bermain sebagai gelandang bertahan untuk klub Crystal Palace di Liga Premier Inggris. Lahir pada 9 September 1996 di Haarlem, Belanda, Riedewald memulai karirnya di akademi Ajax Amsterdam.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-20 vs Uzbekistan, Berikut Prediksi Susunan Pemain Kedua Tim

Pada tahun 2013, dia dipromosikan ke tim utama Ajax dan bermain di sana selama 3 musim, mencatatkan 93 penampilan dan mencetak 3 gol serta 3 assist. Di musim 2017/18, Riedewald pindah ke Crystal Palace dengan biaya transfer senilai £9 juta.

Di Crystal Palace, Riedewald telah menjadi pemain reguler dan dikutip dari Transfermarkt, dirinya dikontrak hingga 30 Juni 2024. Dia dikenal sebagai pemain yang serbaguna, mampu bermain di berbagai posisi di lini tengah dan bek. Riedewald juga memiliki kemampuan passing yang baik dan tekel yang kuat.

Pada tingkat internasional, Riedewald telah bermain untuk tim nasional Belanda U-15, U-16, U-17, U-19, dan U-21. Berikut beberapa fakta menarik tentang Jairo Riedewald:

  • Memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Manado.
  • Pernah menjadi kapten tim Jong Ajax.
  • Memenangkan Eredivisie (Liga Utama Belanda) bersama Ajax pada musim 2013/14.
  • Dipilih sebagai pemain terbaik Crystal Palace pada bulan Januari dan Oktober 2020.

Jairo Riedewald adalah pemain yang solid dan serbaguna yang telah menjadi aset penting bagi Crystal Palace. Dia masih memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi pemain yang lebih baik di masa depan.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT