Sukabumi Update

Hasil Piala Dunia 2018 Grup E, Brasil Vs Kosta Rika 2-0

SUKABUMIUPDATE.com - Brasil berhasil meraih kemenangan pertamanya di Piala Dunia 2018 setelah menekuk Kosta Rika 1-0 pada laga kedua babak penyisihan Grup E di Saint Petersburg Stadium, Jumat 22 Juni 2018. Kemenangan itu membuat kesempatan Brasil untuk lolos ke babak 16 besar kembali terbuka.

Pelatih Brasil, Tite, menurunkan komposisi pemain yang sama seperti saat mereka ditahan imbang Swiss pada laga sebelumnya. Sejak menit awal, Tim Samba pun mengurung pertahanan Kosta Rika yang dikomandoi oleh penjaga gawang Keylor Navas.

Rapatnya pertahanan Kosta Rika membuat Brasil kesulitan menciptakan peluang pada babak pertama. Meski menguasai bola, Brasil bahkan gagal membuat satu pun tendangan ke arah gawang. Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada babak kedua, Tite memasukan Douglas Costa menggantikan Willian untuk menambah tekanan dari sisi sayap kanan. Alhasil, serangan Brasil semakin menjadi. Pada menit ke-50 umpan Fagner dari sisi kanan bahkan hampir saja membuat suporter mereka bersorak. Naas, sundulan Gabriel Jesus hanya menerpa tiang gawang.

Pada babak kedua, tembakan dari luar kotak pinalti mulai dilancarkan oleh Brasil lewat Neymar, Coutinho dan Casemiro. Namun Navas masih sulit untuk dibendung.

Pada menit ke-68 Tite menambah daya dobrak pasukannya dengan menarik gelandang bertahan Paulinho dan memasukan Roberto Firmino yang berposisi sebagai penyerang. Keputusan itu berbuah hasil pada masa tambahan waktu. Firmino berhasil menyundul umpan silang dari Marcelo. Bola yang terlepas dari kontrol Gabriel Jesus pun disambar oleh Coutinho dengan tendangan keras yang menjebol gawang Kosta Rika.

Upaya Kosta Rika untuk menyamakan kedudukan pada masa tambahan waktu justru berakibat fatal. Serangan balik Brasil justru semakin membenamkan mereka. Gol kedua Brasil diciptakan oleh Neymar setelah menerima umpan manis dari Douglas Costa.

Dengan kemenangan ini Brasil berhasil mencuri puncak klasemen Grup E dari tangan Serbia. Brasil memetik 4 angka sementara Serbia yang baru akan menjalankan laga kedua melawan Swiss baru mengumpulkan 3 angka. Bagi Kosta Rika kekalahan itu membuat mereka terpuruk di dasar klasemen karena mengalami dua kali kekalahan.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI