Sukabumi Update

Ditahan Cina 0-0, Timnas U-16 Indonesia Lolos ke Piala AFC U-16

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas U-16 Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 saat menjamu Cina dalam laga terakhir grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Ahad, 22 September 2019. Namun hasil seri itu sudah cukup untuk mengantar Indonesia lolos ke putaran final sebagai salah satu runner-up terbaik.

Hasil seri itu memastikan Cina lolos sebagai juara grup G. Mereka mengemas nilai 10 dari 4 laga. Indonesia berada di urutan kedua nilai sama tapi kalah dalam selisih gol (26 berbanding 28).

Dengan posisi sebagai runner-up, nasib Timnas U-16 Indonesia kemudian ditentukan dalam klasemen para runner-up. Ada empat runner-up, dari 11 grup, yang berhak ikut lolos ke putaran final.

Untuk runner-up ini perhitungannya sedikit berbeda. Karena tak semua grup diisi lima tim seperti di Grup G, maka laga melawan tim urutan lima tak dihitung. Karena itu, hasil Indonesia vs Mariana Utara yang berakhir 15-1 tak diperhitungkan.

Namun, berkat hasil seri atas Cina, Indonesia mampu mengemas nilai 7 dari 3 laga yang diperhitungkan. Indonesia berada di puncak klasemen para runner-up, sehingga berhak lolos ke putaran final.

Timnas U-16 Indonesia melaju bersama Uzbekistan dari Grup B yang memiliki nilai sama tapi kalah selisih gol (13 berbanding 3).

Dua tiket lain ke putaran final belum ditentukan. Saat ini ada Vietnam (Grup H) dan Thailand (Grup K) yang sama-sama mengemas nilai 6 dengan selisih gol sama (8). Namun, di bawah mereka masih ada Oman yang baru bermain dua kali dan sudah memiliki nilai 6.

Sementara itu, putaran final Piala AFC U-16 akan berlangsung di Bahrain pada 16 September hingga 3 Oktober 2020.

SUMBER: TEMPO.CO

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI