Sukabumi Update

Resmi, Piala AFF 2020 Ditunda hingga Tahun Depan

SUKABUMIUPDATE.com - Gelaran Piala AFF 2020 resmi ditunda. Event sepakbola negara-negara Asia Tenggara itu diundur penyelenggaraannya hingga tahun depan. Hal ini diumumkan secara langsung oleh Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF), Kamis (30/7/2020) malam WIB.

Dilansir dari suara.com, belum ada tanggal pasti kapan ajang tersebut diselenggarakan pada 2021 mendatang.

Mundurnya Piala AFF 2020 sendiri dikarenakan pandemi global COVID-19. Harusnya event ini diselenggarakan pada November hingga Desember 2020, dengan Timnas Senior Indonesia berpartisipasi di dalamnya.

"Sejak dimulainya pandemi COVID-19, AFF telah secara ketat memantau panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kementerian kesehatan, lembaga pemerintah, FIFA dan AFC,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth dalam keterangan resmi yang diterima Suara.com, Kamis (30/7/2020).

"Seperti yang Anda ketahui, pandemi ini terus menimbulkan tantangan kesehatan, sosial dan ekonomi yang sangat besar bagi kita semua. Dengan risiko penyebaran COVID-19 yang tetap tinggi, AFF menyadari situasi bahwa kami tidak dapat melanjutkan dengan aman Piala AFF 2020," jelasnya.

Lebih lanjut, Adrian Staiti selaku Presiden APAC dari Sportfive, yang merupakan mitra komersial eksklusif Piala AFF, juga mendukung keputusan tersebut. Baginya, kesehatan jadi hal yang harus diutamakan.

"Ini semua untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua pemain, mitra, staf, serta penggemar," ujar Adrian Staiti.

"Meskipun kami kecewa bahwa kami tidak dapat mengadakan turnamen tahun ini, kami akan bekerja sama dengan AFF untuk memantau situasi. Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra kami untuk memberikan turnamen yang hebat bagi para penggemar sepakbola Asia Tenggara tahun depan," pungkasnya.

sumber: suara.com

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI