Sukabumi Update

Chelsea vs MU Imbang dan Silang Pendapat Soal Handball Callum Hudson-Odoi

SUKABUMIUPDATE.com - Kontroversi handball pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi dalam pertandingan melawan Manchester United atau MU ternyata tidak hanya menjadi perdebatan di antara kedua tim. Silang pendapat juga terjadi di antara pengamat sepak bola.

Ada empat pengamat sepak bola yang berselisih paham soal kontroversi handball Callum Hudson-Odoi yang menyebabkan Manchester United tidak mendapat penalti dalam pertandingan tersebut dan laga berakhir imbang tanpa gol. Laga ini digelar pada Minggu, 28 Februari 2021.

Keempat pengamat yang berbeda pendapat tersebut adalah Gary Neville, Roy Keane, Jimmy Floyd-Hasselbaink, dan Graeme Souness. Neville dan Keane yang merupakan mantan pemain Manchester United menilai bahwa wasit seharusnya memberikan penalti, sementara Floyd-Hasselbaink dan Souness beranggapan sebaliknya.

Berikut pernyataan keempat pengamat itu:

Gary Neville: "Tidak ada keraguan di awal musim bahwa ini akan menjadi penalti. Kepanikan Hudson-Odoi adalah kenyataan bahwa lengannya seharusnya tidak ada di sana. Saya pikir itu adalah penalti," katanya dikutip dari Tempo.

Roy Keane: "Dia mengangkat tangannya ke arah bola. Tidak ada jalan keluar dari itu." tambah Keane.

Sementara itu, Jimmy Floyd-Hasselbaink: "Saya tidak berpikir itu adalah penalti. Tapi Hudson beruntung. Tangannya ada di posisi yang tidak natural."

Graeme Souness: "Saya rasa tidak (penalti). Tapi hanya membuang-buang waktu bertanya kepada kami karena mereka tampaknya mengubah aturan setiap pekan," jelas Souness.

Peristiwa yang menjadi perdebatan tersebut terjadi pada menit ke-13. Berawal dari bola tendangan bebas Marcus Rashford yang diblok oleh penjaga gawang Edouard Mendy. Bola itu kemudian memantul ke sisi kanan kotak penalti Chelsea dan menjadi rebutan antara Callum Hudson-Odoi dan pemain Manchester United Mason Greenwood.

Hudson-Odoi memang tampak terlihat sempat menyentuh bola dengan tangannya. Namun wasit Stuart Attwell memutuskan tidak memberikan penalti kepada Manchester United setelah melihat tayangan Video Assistant Referee atau VAR.

Otoritas Liga Inggris, Premier League, pun telah buka suara soal kontroversi tersebut. Mereka terlihat mendukung keputusan Attwell karena menilai tangan Callum Hudson-Odoi tidak bergerak ke arah datangnya bola.

Hasil imbang 0-0 pada pertandingan Chelsea vs Manchester United itu membuat kedua tim tak bergeser di papan klasemen Liga Inggris. Setan Merah tetap berada di posisi kedua dengan perolehan 50 poin, sementara Chelsea berada di posisi kelima dengan mengoleksi 44 poin.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI