Sukabumi Update

Inilah Penyesalan Terbesar Sir Alex Ferguson saat Melatih Manchester United

SUKABUMIUPDATE.com - Sir Alex Ferguson telah memenangkan semua trofi sepanjang karirnya melatih Manchester United. Tetapi, ternyata pria yang akrab disapa Fergie ini masih menyesali satu hal, yakni kesalahannya saat membuat 'Setan Merah' (julukan Man United) dikalahkan Barcelona 1-3 di final Liga Champions 2011.

Dalam sesi wawancara video untuk SPORTbible dengan mantan pemain belakang Manchester United, Gary Neville, Fergie mengaku masih memiliki perasaan tidak enak kepada Park Ji-sung jika mengenang kekalahan Manchester United oleh Barcelona saat final Liga Champions 2011 di Stadion Wembley.

"Saya menyesal tidak menggunakan Park Ji-sung untuk menjaga Lionel Messi sejak babak pertama," ungkap Fergie.

Menurut Fergie, Park Ji-sung adalah pemain yang sempat ia remehkan saat bekerja bersamanya. 'Three Lung Park' (julukan Park Ji-sung) tidak pernah diperhitungkan untuk memperkuat Manchester United saat melawan tim-tim besar di Liga Champions.

Baca Juga :

"Itulah yang membuat saya kalah melawan Barcelona di Wembley. Saya seharusnya mengubah permainan di pertengahan babak pertama, dengan menginstruksikan Park Ji-sung secara khusus menjaga Lionel Messi." kata Fergie 

photoLaga Manchester United vs Barcelona di Final Liga Champions 2011 - (mirror.co.uk)</span

Saat itu, gelandang Barcelona, Pedro membuka skor di menit ke-27. Wayne Rooney sempat menyamakan kedudukan 1-1 tujuh menit kemudian. 

Menurut Fergie, gol balasan Rooney dan permainan Manchester United yang terlihat stabil pada 10 menit terakhir babak pertama membuatnya berpikir tidak melakukan perubahan strategi.

Di babak kedua, Lionel Messi berlari tanpa pengawalan. Messi akhirnya mencetak gol dengan tendangan jarak jauh di menit ke-54. Fergie menyaksikan pertandingan itu dengan tangan bergetar, tapi tak melakukan perubahan.

Baca Juga :

Striker Barca saat itu, David Villa berhasil mencetak gol di menit ke-69 dan membuat Barcelona mengangkat trofi Liga Champions. 

Bagi Fergie, kekalahan Manchester United di Liga Champions atas Barcelona bak mimpi buruk yang terulang berkali-kali. Kekalahan Manchester United yang pertama terjadi tahun 2009 dengan dua gol.

photoPark Ji-sung dan Sir Alex Ferguson - (mirror.co.uk)</span

Berbicara tentang Park Ji-sung, ia sebetulnya memiliki banyak jasa bagi 'Setan Merah' selama berkarir tujuh musim di Old Trafford. 

Park Ji-sung merupakan pemain yang rajin, tampil konsisten di semua pertandingan dan relatif tak pernah mengeluh.

Fergie tahu Park Ji-sung tak pernah lelah mengejar bola dan piawai merebut bola dari kaki lawan. 

Fergie pantas menyesal tidak menggunakannya untuk menghentikan Messi yang saat itu berada di puncak kemampuannya.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI