Sukabumi Update

Meski Kolaps, Eriksen Jadi Salah Satu Pemain Terbaik di 4 Laga Awal Euro 2020

SUKABUMIUPDATE.com - Badan sepak bola Eropa (UEFA) selalu memilih pemain terbaik dari setiap pertandingan Piala Eropa 2020 atau Euro 2020. Mereka juga menganugerahi para pemain itu dengan trofi Heineken Star of the Match. Meski kolaps, pemain Denmark Christian Eriksen menjadi salah satu pemain terbaik dalam empat laga awal ajang tersebut.

Para pemain terbaik itu dipilih oleh panel Pengamat Teknis UEFA. Panel ini diisi Packie Bonner, Esteban Cambiasso, Fabio Capello, Cosmin Contra, Corinne Diacre, Jean-François Domergue, dan Dusan Fitzel. Selain itu ada juga Steffen Freund, Frans Hoek, Aitor Karanka, Robbie Keane, Ginés Meléndez, David Moyes, Mixu Paatelainen, dan Peter Rudbækstein.

Berikut peraih penghargaan pemain terbaik dalam empat laga Euro 2020 yang sudah berlangsung:

11 Juni: Turki vs Italia 0-3

Pemain terbaik: Leonardo Spinazzola

Pemain debutan Timans Italia ini tampil menawan, memberi satu assist buat timnya.

12 Juni: Wales vs Swiss 1-1

Pemain terbaik: Breel Embolo

Penyerang Swiss ini menyumbang gol untuk timnya.

12 Juni: Denmark vs Finlandia 0-1

Pemain terbaik: Christian Eriksen

Gelandang Denmark ini kolaps di tengah laga. Ia kini sudah sadar dan dirawat di rumah sakit.

12 Juni: Belgia vs Rusia 3-0

Pemain terbaik: Romelu Lukaku.

Penyerang Belgia ini tampil apik dan memborong dua gol buat timnya.

Penghargaan sama akan kembali diberikan pada Minggu malam ini, saat tiga laga Euro 2020 akan berlangsung: Inggris vs Kroasia, Austria vs Makedonia Utara, dan Belanda vs Ukraina.

Insiden Christian Eriksen Kolaps

Tim Nasional Finlandia menundukkan Denmark 1-0 dalam laga pembuka Grup B PIala Eropa/Euro 2020. Laga Denmark vs Finlandia sempat tertangguhkan karena pemain Denmark Christian Eriksen kolaps di Stadion Parken, Kopenhagen, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari waktu Indonesia, 13 Juni 2021.

Pertandingan terhenti lebih dari 90 menit lamanya sejak menit ke-43 lantaran Eriksen kolaps dan mendapat penanganan resusitasi jantung paru (CPR) dari tim medis. Christian Eriksen ditandu keluar lapangan dalam keadaan sadar dan dilarikan ke rumah sakit yang disambut kelegaan sekira 16 ribu penonton di Stadion Parken.

Bagi sebagian suporter tuan rumah pertandingan berakhir dengan kekecewaan lebih lantaran Denmark kalah 0-1 dari Finlandia akibat gol semata wayang Joel Pohjanpalo. Kemenangan ini merupakan laga debut Finlandia di turnamen bergengsi tersebut.

Eriksen nyaris membawa Denmark memimpin pada menit ke-19, tapi tembakannya bisa dimentahkan kiper Finlandia, Lukas Hradecky. Ketika pertandingan Piala Eropa dilanjutkan, Finlandia mampu mencuri keunggulan lewat percobaan tepat sasaran pertama mereka di laga kali ini pada menit ke-59 yang diakhiri sundulan Pohjanpalo.

Pohjanpalo menanduk umpan silang kiriman Jere Uronen menembus upaya penyelamatan kurang sempurna dari kiper Kasper Schmeichel. Penyerang Union Berlin itu memilih tidak melakukan selebrasi berlebihan atas golnya untuk menghormati Eriksen serta publik tuan rumah.

Pada menit ke-74, Denmark beroleh kesempatan bagus untuk menyamakan kedudukan lewat titik putih tapi Pierre-Emile Hojbjerg yang jadi algojo mendapati eksekusinya bisa digagalkan oleh Hradecky.

Timnas Finlandia mampu menjaga keunggulan mereka hingga peluit akhir pertandingan. Hasil pertandingan Denmark vs Finlandia ini menjadi suntikan kepercayaan diri menjelang menghadapi tuan rumah lainnya, Rusia, di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, pada Rabu nanti, 16 Junin 2021.

Sumber: Tempo

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI