Sukabumi Update

Italia Jadi Tim Pertama yang Lolos ke 16 Besar Euro 2020, Simak Tujuh Fakta Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Italia menjadi yang pertama berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Mereka melaju setelah menang 3-0 atas Swiss di Stadion Olimpico Roma, Kamis dinihari, 17 Juni 20201.

Dua gol Italia diborong Manuel Locatelli dan satu gol lainnya diceploskan Ciro Immobile. Adapun gol Giorgio Chiellini dianulir karena pelanggaran. Italia kini memuncaki klasemen Grup A Euro 2020 dengan nilai 6, unggul 2 poin dari Wales. Posisinya dari dua besar tak mungkin digeser Swiss yang baru mengemas satu poin.

Simak tujuh fakta menarik dari laga Italia vs Swiss:

1. Locatelli menjadi pemain ketiga Italia yang mencetak dua gol di Euro setelah Mario Balotelli saat melawan Jerman pada 2012 dan Pierluigi Casiraghi saat melawan Rusia pada 1996.

2. Italia tidak terkalahkan dalam 58 pertandingan kompetitif terakhir mereka yang diadakan di kandang. Kekalahan terakhir mereka terjadi pada September 1999 saat melawan Denmark dalam pertandingan kualifikasi Kejuaraan Eropa di Naples. Mereka menang 45 kali dan seri 13 kali sejak itu.

3. Italia yang pernah menjadi juara Piala Eropa sekali, lolos ke babak gugur untuk kedelapan kali dalam 11 penampilannya. Selain sekali jadi juara, mereka juga pernah dua kali jadi runner-up.

4. Italia tidak kebobolan dalam 10 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi. Mereka 965 menit tanpa kebobolan sejak gol Donny van de Beek untuk Belanda Oktober lalu.

5. Swiss kalah dalam pertandingan Euro untuk pertama kalinya sejak pertandingan penyisihan grup kedua melawan Turki pada 2008. Hasil melawan Italia ini mengakhiri enam pertandingan tanpa kekalahan.

6. Swiss tidak pernah menang dalam sembilan pertandingan melawan Italia di semua kompetisi (seri 4 kalah 5) sejak mengalahkan mereka di Bern pada Mei 1993.

7. Pada laga terakhir, 20 Juni mendatang, Italia akan menghadapi Wales. Sedangkan Swiss melawan Turki. Wales hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak 16 besar. Hasil seri juga akan memastikan Italia menjadi juara grup.

Sumber: Tempo

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI