Sukabumi Update

PPKM Darurat Diperpanjang, Persib Pasrah Soal Nasib Liga 1

SUKABUMIUPDATE.com - Persib Bandung tak bisa berbuat banyak atas keputusan perpanjangan masa Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat yang berdampak pada bergulirnya Liga 1 2021.

Melalui laman resmi Persib, Pelatih Robert Rene Alberts menyebut keputusan itu membuat mereka dalam kondisi sulit. Pasalnya, semangat para pemain yang sudah tinggi untuk kembali memulai kompetisi dipastikan akan kembali mengendur.

"Tidak bagus terus menerus berbicara pada pemain untuk ingin memulai lagi, menaikan ambisi bersama tim lalu kami mengatakan pada mereka ini harus ditunda lagi (kompetisi), latihan juga harus kami tunda lagi. Ini sangat membuat kami murung," kata Robert.

"Tidak ada yang tahu kapan liga akan dimulai. Jadi mustahil untuk menjawab pertanyaan soal bagaimana rencana kami, karena memang tidak ada rencana. Tidak ada yang memastikan apa yang akan terjadi soal liga."

Pelatih asal Belanda itu memastikan mereka baru akan kembali berlatih ketika pemberlakukan PPKM Darurat dicabut. Hal itu untuk mengantisipasi jika Liga 1 2021 dimulai.

"Hal pertama yang kami lakukan adalah memulai latihan lagi. Sambil menunggu konfirmasi kapan liga akan dimulai dan setelah itu program latihan disiapkan untuk bersiap menghadapi kick off liga," ujarnya.

Awalnya Liga 1 2021 direncanakan bergulir mulai 9 Juli lalu, tetapi PT LIB dan PSSI mengundur jadwal itu setelah pemerintah memberlakukan PPKM Darurat sejak awal Juli. Jadwal Liga 1 pun mengalami pengunduran hingga Agustus.

Perpanjangan PPKM Darurat dari tanggal 20 Juli menjadi akhir bulan pun bisa membuat jadwal itu kembali diundur. PT Liga Indonesia Baru dan PSSI sendiri belum dapat memastikan kapan Liga 1 2021 akan kembali bergulir.

"Jadi sampai sekarang jadwalnya masih sesuai hasil rapat manajer pada Juli 2021, yaitu dimulai Agustus. Akan tetapi, kami belum mengetahui kebijakan pemerintah seperti apa perkembangannya. Tentu kami akan menyikapinya dengan federasi," ujar Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, Kamis kemarin.

Persib Bandung sebelumnya telah membubarkan latihan pra musim karena PPKM Darurat. Pelatih Robert Rene Alberts menyatakan para pemainnya telah dibekali dengan menu latihan mandiri di rumah demi menjaga kondisi fisiknya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI