Sukabumi Update

Pelatih Persib Minta Liga 1 Tiru Liga Malaysia, Berlangsung Ditengah Kecamuk Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap Liga 1 2021 dapat segera bergulir meskipun pandemi Covid-19 tengah berkecamuk. Alberts berharap pemerintah, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru mengambil contoh Liga Malaysia yang bisa tetap bergulir.

"Sepakbola profesional di sana (Malaysia) tetap berjalan. Klub tetap bisa berlatih, bermain, dan semua juga harus mengikuti protokol kesehatan dan prosedur keselamatan," kata Alberts seperti dilansir laman resmi Persib.

Liga 1 2021 awalnya dijadwalkan bergulir pada 9 Juli 2021. Akan tetapi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak 3 hingga 20 Juli membuat kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia itu tertunda.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sempat menyatakan bahwa mereka menerima surat resmi dari Satgas Covid-19 yang pada intinya meminta Liga 1 2021 diundur. PT LIB kemudian menyatakan bahwa pengunduran jadwal akan terjadi hingga Agustus mendatang. Hal itu dilakukan agar setiap tim memiliki waktu untuk melakukan persiapan.

Pemerintah kemudian memperpanjang PPKM hingga 25 Juli 2021. Alberts menayatakan Persib belum mengambil sikap atas perpanjangan tersebut. Dia menyatakan masih menunggu arahan resmi dari PSSI dan PT LIB.

"Kami masih menunggu informasi resmi PSSI dan LIB, bagaimana reaksi mereka menanggapi perpanjangan PPKM ini dan bagaimana rencana memulai liga. Kami mencoba untuk selalu optimis dan melihat ke depan. Kami selalu mencoba untuk yakin liga akan dimulai lagi," kata Robert.

Sejak pemberlakuan PPKM Darurat Persib Bandung dan tim Liga 1 lainnya sudah membubarkan tim. Setiap pemain diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing dengan bekal jadwal latihan mandiri. Tujuannya adalah agar kondisi fisik pemain terjaga sehingga mereka tak harus memulai dari nol ketika kompetisi akan dimulai.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI