Sukabumi Update

Pelatih Singapura Mundur Usai Piala AFF 2020, Ini Alasan Tatsuma Yoshida

SUKABUMIUPDATE.com - Tatsuma Yoshida mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih timnas Singapura pada akhir bulan ini setelah tim asuhannya gagal melaju ke final Piala AFF 2020.

Pengunduran diri Tatsuma itu diumumkan Federasi Sepak Bola Singapura, FAS. Dalam pengumuman itu mereka menyatakan bahwa Tatsuma akan meninggalkan Timnas Singapura terhitung sejak 31 Desember 2021.

"Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) hari ini mengumumkan bahwa dengan kesepakatan bersama, Pelatih Kepala Tim 'A' Nasional Tatsuma Yoshida akan mundur pada 31 Desember 2021 untuk kembali ke Jepang dan bersama keluarganya selama pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung," tulis mereka dalam pernyataan itu.

Dalam pengumuman itu, FAS tak menyinggung soal hasil di Piala AFF 2020. Presiden FAS, Lim Kia Tong, bahkan menyayangkan keputusan Tatsuma tersebut. Dia menilai pelatih asal Jepang itu telah berhasil mengangkat performa skuad Singa.

photoIndonesia lolos ke Final Piala AFF 2020 setelah mengandaskan perlawanan dari timnas Singapura. - (PSSI)

Juru taktik asal Jepang itu mengungkapkan alasannya berhenti karena ingin menghabiskan waktu bersama keluarganya di negara asalnya, demikian pengumuman FAS, Rabu, 29 Desember 2021.

Timnas Singapura berhenti di semifinal Piala AFF 2020 setelah kalah 4-2 atas Indonesia di leg kedua, menyusul hasil imbang 1-1 di laga pertama. Dalam pertandingan itu, tim tuan rumah bekerja keras menghadapi skuad Garuda meski kehilangan tiga pemain karena mendapatkan kartu merah.

Yoshida mengakhiri jabatannya sebagai pelatih timnas Singapura setelah bertugas selama dua setengah tahun. Dia mengambil alih jabatan itu sejak Juni 2019, setelah menangani klub Jepang, Kashiwa Reysol dan Albirex Niigata.

"Ini bukan keputusan yang mudah bagi saya untuk sampai pada keputusan ini dan sebagian dari diri saya berharap saya tidak harus melakukannya sama sekali," kata pelatih berusia 47 tahun itu, dalam pernyataannya.

"Dua tahun terakhir tidak mudah bagi saya dan keluarga saya, mengingat pembatasan perjalanan yang diberlakukan sebagai akibat dari pandemi."

Setelah Tatsuma Yoshida memutuskan berhenti, FAS akan mulai mencari penggantinya untuk mempersiapkan timnas Singapura menghadapi putaran kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

SUMBER: TEMPO

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI