Sukabumi Update

Dortmund dan Bayern Tumbang, DFB Pokal Musim Ini Milik Leipzig?

SUKABUMIUPDATE.com - Borussia Dortmund yang notabene juara bertahan DFB Pokal secara mengejutkan takluk 1-2 dari tim kasta kedua Liga Jerman, Saint Pauli pada Rabu (19/1/2022) dinihari WIB. Dortmund pun mengikuti jejak langkah rivalnya, Bayern Muncih. Dibalik kekalahan tersebut terdapat sedikit kebahagiaan bagi Leipzig, mengapa?

Tersingkirnya Borussia Dortmund dan Bayern Munich tentunya menjadi angin segar bagi tim Jerman lain yang ingin memburu gelar juara DFB Pokal.

photoRB Leipzig. - (Getty Images)

Saat ini praktis ada dua tim yang sedikit lebih diunggulkan untuk mendapatkan gelar ini yakni Borussia Monchengladbach dan RB Leipzig. Namun RB Leipzig tampaknya lebih diunggulkan dibandingkan Borussia Monchengladbach untuk menjadi juara DFB Pokal musim ini. 

Ada beberapa alasan mengapa RB Leipzig sangat diunggulkan meraih gelar juara DFB Pokal musim ini.

Baca Juga :

1. Ambisi membalas kegagalan di dua final

DFB Pokal pada tiga musim terakhir didominasi oleh Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Musim ini dominasi keduanya pun berakhir.

Dibalik dominasi kedua tim tersebut rupanya ada tim yang menjadi pesakitan, yakni RB Leipzig.

RB Leipzig sejak pertama kali promosi ke Bundesliga langsung menjelma menjadi salah satu penantang tim papan atas bahkan sempat memuncaki klasemen sementara Liga Jerman.

Performa Leipzig juga sama bagusnya ketika mengikuti DFB Pokal. Klub yang berjuluk Die Rotten Bullen ini sukses menembus dua final DFB Pokal pada musim 2018/2019 dan 2020/2021.

Pada final pertama, Leipzig ditaklukkan Bayern dengan tiga gol tanpa balas. Sedangkan pada final kedua, Leipzig dihancurkan Erling Haaland dkk dengan skor 4-1.

Maka dari itu, DFB Pokal musim ini menjadi kesempatan Leipzig untuk menyucikan noda kekalahan di final musim sebelumnya sekaligus meraih gelar juara pertama di kompetisi mayor.

2. Performa di Bundesliga yang tidak menjanjikan

Berbeda dengan musim sebelumnya, performa Leipzig musim ini bisa dibilang tidak terlalu konsisten.

Saat ini tim asuhan Domenico Tedesco ini duduk di posisi ke-6 klasemen Bundesliga. Padahal pada musim sebelumnya, Leipzig mampu duduk di posisi puncak klasemen sementara.

Performa yang angin-anginan ini disebabkan oleh dua kali pergantian pelatih dalam satu tahun. 

Karena posisi Leipzig yang tidak terlalu menjanjikan di Bundesliga, maka mengejar gelar juara DFB Pokal menjadi opsi yang paling tepat untuk dipilih.

Domenico Tedesco bersama anak asuhnya pasti akan sangat berambisi dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat gelar ini.

3. Kualitas pemain di atas rata-rata tim yang tersisa

Faktor terakhir yang bisa menjadikan Leipzig menjadi juara DFB Pokal musim ini adalah kualitas pemain yang terbilang cukup unggul dibandingkan pemain dari tim lain termasuk Monchengladbach.

Beberapa pemain Leipzig merupakan jebolan tim-tim yang sudah terbiasa juara. Sebut saja Angelino yang merupakan mantan pemain Manchester City dan Christian Nkunku mantan pemain PSG.

Kedua pemain yang disebutkan di atas tentunya memiliki mental juara yang sudah terbentuk di klub sebelumnya.

Belum lagi, Leipzig memiliki pemain-pemain yang banyak menjadi incaran tim papan atas eropa. Hal tersebut dikarenakan kualitas yang dimiliki para pemain tersebut.

Maka dari itu, Leipzig pantas disebutkan sebagai tim yang paling diunggulkan menjadi juara DFB Pokal musim ini.

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI