Sukabumi Update

5 Fakta Timnas Sepakbola Senegal, Juara Piala Afrika 2021

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah fakta menarik tersaji di perhelatan Final Piala Afrika 2021. Laga yang mempertemukan Timnas Senegal vs Mesir di stadion Paul Biya Stadium, Olembe, Kamerun, Senin (7/2/2022) dini hari WIB itu menyajikan sejumlah fakta menarik.

Dilansir dari suara.com, ada sejumlah pemain yang paling mendapatkan sorotan dalam pertandingan tersebut yakni pertemuan dua pemain Liverpool, Mo Salah (Mesir) dan Sadio Mane (Senegal).

Mesir harus takluk dari Senegal setelah adu penalti. Hasil tersebut membuat Senegal menjuarai Piala Afrika 2021.

photoSadio Mane (Senegal) dan Mo Salah (Mesir) saat laga Final Piala Afrika 2021. - (Sky Sports)</span

Kemenangan tersebut menjadi gelar pertama negara Senegal dalam kompetisi di Benua Afrika tersebut. Berikut sejumlah fakta menarik tentang Timnas Sepakbola Senegal:

1. Senegal Raih Gelar Perdana

Untuk pertama kalinya, Senegal naik podium di Piala Afrika. Setelah 16 edisi ikut di ajang ini, mereka akhirnya juara.

Adapun, pencapaian terbaik mereka sebelum menjadi juara adalah runner-up. Itu pun terjadi pada 2002 dan 2019 silam.

2. Sadio Mane Ukir Sejarah

Bomber Liverpool, Sadio Mane menjadi sorotan di laga final. Sebagai eksekutor terakhir Senegal, ia sukses mencetak gol penentu kemenangan.

Dengan suksesnya Mane menjuarai Piala Afrika, ia menjadi pemain Senegal pertama yang juga meraih gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions.

3. Edouard Mendy Membuat Sejarah Hebat

Mendy juga sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan di laga final Piala Afrika. Catatan ini membuat dirinya mengulang kehebatan di Liga Champions musim lalu.

Itu artinya, di dua laga pamungkas, kendati beda event, Mendy sukses membuat rekor. Dan di ujung turnamen, dirinya juga menjadi penjaga gawang terbaik.

4. Aliou Cisse

Sebelumnya, mungkin timnas sepakbola Senegal terkenal dengan nama Aliou Cisse. Sebab, dirinya adalah kapten Senegal yang sukses membawa negaranya ke partai final Piala Afrika sebelumnya meski gagal menjadi juara.

Tapi, di edisi 2021, Cisse sukses mengantarkan negaranya menjadi juara. Sebelumnya, Cisse juga sempat membawa Senegal menjadi runner-up di edisi 2019.

5. Kalidou Koulibaly

Koulibaly mencatatkan sejarah sebagai pemain kelahiran Prancis yang menjadi juara Piala Afrika. Sempat membela Timnas Prancis U-20, dirinya memilih Senegal untuk tim nasional.

Adapun, Koulibaly juga menjadi kapten pertama Senegal yang sukses meraih gelar juara. Sebab, ini adalah gelar pertama pula bagi Senegal menjuarai Piala Afrika.

Sumber: suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI