Sukabumi Update

PSSI Umumkan Timnas Indonesia U-23 Batal Ikuti Piala AFF U-23

SUKABUMIUPDATE.com - PSSI, selaku federasi sepakbola Tanah Air memastikan pembatalan partisipasi Timnas Indonesia U-23 pada gelaran Piala AFF U-23 2022. Pembatalan tersebut diumumkan pada Jumat (11/2/2022) pagi WIB.

Piala AFF U-23 2022 sendiri akan digelar di Kamboja pada 14 - 23 Februari 2022. Timnas Indonesia U-23 akhirnya batal mengikuti kompetisi tersebut beberapa hari sebelum dimulai.

Melalui situs web resminya, PSSI menyebutkan ada dua alasan penyebab batalnya keikutsertaan Timnas Indonesia U-23 pada Piala AFF U-23 tahun ini.

Pemain positif Covid-19 dan cedera

photoShin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-23. - (via pssi.org)

PSSI menyebutkan bahwa ada tujuh pemain Timnas Indonesia U-23 yang dinyatakan positif covid-19 diantaranya adalah Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Ronaldo Kwateh, Irfan Jauhari, Taufik Hidayat, Cahya Supriyadi dan Ahmad Figo.

Kemudian ada empat pemain lain yang sedang dalam masa karantina karena pernah sekamar dengan pemain-pemain yang terjangkit covid-19. Empat pemain tersebut diantaranya adalah Marcelino Ferdinan, Genta Alparedo, Alfeandra Dewangga dan Muhammad Kanu Helmiawan.

Selain karena covid-19, batalnya keikutsertaan Timnas Indonesia U-23 juga disebabkan oleh cederanya tiga pemain yaitu Muhammad Iqbal, Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek. Ketiga pemain itu kini sedang dalam masa recovery.

Baca Juga :

Karena Cahya Supriyadi terpapar covid-19, otomatis Timnas Indonesia U-23 hanya memiliki satu penjaga gawang saja yakni Muhammad Riyandi, itupun ia baru selesai menjalani karantina 10 hari. Jika dipaksakan bermain pun, persiapannya kurang.

Kondisi yang dialami Timnas Indonesia U-23 ini membuat sang pelatih, Shin Tae-yong mengirim surat kepada PSSI untuk mengusulkan pembatalan partisipasi timnya di Piala AFF U-23.

Batal berangkat ke Kamboja

Shin Tae-yong beserta para petinggi PSSI yang terdiri Mochammad Iriawan (Ketum), Iwan Budianto (Wakteum), Yunus Nusi (Sekjen) dan Indra Sjafri (Dirtek) kemudian melakukan diskusi. Hasilnya Timnas Indonesia U-23 diputuskan batal berangkat ke Kamboja untuk mengikuti Piala AFF U-23 2022.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan partisipasi Indonesia di Piala AFF U-23 karena beberapa alasan. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami,” ujar Yunus Nusi.

"Kami saat fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” tambahnya.

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI