Sukabumi Update

Idap Kanker Prostat, Louis van Gaal Bertekad Pimpin Belanda di Piala Dunia 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal tengah berjuang melawan kanker prostat yang dideritanya, ditengah persiapan Belanda akan tampil di ajang Piala Dunia 2022 Qatar pada akhir tahun ini. 

Melansir dari bolatimes.com (portal suara.com), sebelumnya van Gaal merahasiakan penyakitnya tersebut agar para pemain tetap fokus menjalani persiapan. 

Mantan pelatih Manchester United itupun mengaku telah 25 kali menjalani perawatan radiasi.

"Saya pikir Anda juga mungkin tidak ingin memberitahu apa yang Anda alami kepada orang-orang yang bekerja baik dan tulus dengan Anda. Karena itu (jika tahu) bisa saja mempengaruhi pilihan dan keputusan mereka. Jadi saya pikir, mereka tidak seharusnya mengetahui tentang apa yang saya alami," kata Louis van Gaal, dalam acara Televisi 'Humberto', seperti dikutip dari Goal Internasional, Senin (4/4/2022).

"Tenang saja, Anda tidak akan mati karena kanker prostat, setidaknya tidak dalam 90 persen kasus," ujarnya. 

"Saya telah menjalani perawatan sebanyak 25 kali, tubuh saya sangat bagus dan responsif terhadap pengobatan ini, Saya memiliki tanggung jawab yang harus dilakukan, maka saya harus sembuh," ucap van Gaal optimis.

Baca Juga :

photoLouis van Gaal saat membeberkan penyakit kanker prostat yang dideritanya di acara Televisi Humberto, Senin (4/4/2022). - (Twitter/TheEuropeanLad)</span

Van Gaal mengaku sejauh ini ia mendapatkan perawatan terbaik di rumah sakit. Meski mengidap kanker, ia berencana akan tetap memimpin timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

"Ini (melawan penyakit dan melatih tim sepak bola) merupakan bagian dari hidup saya. Saya telah melalui begitu banyak hal dalam hidup," kata van Gaal.

Van Gaal yang sempat mengumumkan pensiun sebagai pelatih pada 2017 silam, kembali ditunjuk timnas Belanda pada Agustus 2021 lalu. Ini merupakan periode ketiga ia melatih Belanda sebelum 2000-2002 dan 2012-2014.

"Sepak bola Belanda selalu dekat di hati saya dan kepelatihan nasional menurut saya merupakan posisi kunci untuk kemajuan sepak bola kita (Belanda) lebih lanjut. Apalagi, saya menganggap suatu kehormatan untuk melatih tim nasional Belanda," ujar van Gaal ketika kembali ditunjuk menjadi juru taktik 'The Oranje'.

Sumber: SUARA.COM | BOLATIMES.COM

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI