Sukabumi Update

Peralatan Bayi Harus Steril, Simak Tanya Jawabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika anak lahir, selama 12 bulan orang tua sibuk membuat steril segala perlengkapan yang masuk ke mulut bayi, seperti peralatan makan, botol susu, dot, sampai mainan.

Selama tahun pertama, bayi memang sangat rentan terhadap penyakit. Jika botol susu tak disterilkan, virus, bakteri, dan parasit akan berkumpul dan membuat bayi sakit, mulai dari masalah mulut sampai perut.

Kepada Hello, Christine Dugedre, ibu tiga anak yang juga manajer merk dan penasihat sterilisasi di Milton Internasional, menjelaskan soal proses sterilisasi perlengkapan bayi.

Apa itu strerilisasi?
Sterilisasi adalah cara istimewa untuk membersihkan peralatan makan bayi untuk memastikan semua peralatan itu bebas dari kuman berbahaya yang bisa membuat bayi sakit. Ada dua cara sterilisasi:

Dengan uap, bisa dengan menggunakan alat khusus atau microwave

Menggunakan air dingin dan cairan untuk strerilisasi

Kenapa sterilisasi dibutuhkan dan untuk berapa lama?
Semua peralatan yang berhubungan dengan mulut bayi harus disterilkan, termasuk perlengkapan makan, busa, dot, dan mainan. Semua peralatan itu harus disterilkan pada tahun pertama setelah bayi lahir karena sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang. Setelah itu, sterilisasi masih dibutuhkan pada botol susu dan dot selama masih digunakan.

Haruskah botol dikeringkan sebelum disterilkan?
Cara termudah adalah dengan mencucinya dengan bersih dalam cairan pembersih dan air, juga sikat, lalu keringkan.

Bagaimana cara membersihkan dot botol susu?
Gunakan metode yang sama, pastikan tak ada sisa susu yang tertinggal.

Berapa lama botol bisa dipakai setelah disterilkan?
Botol harus segera dipakai setelah disterilkan.

Bagaimana cara kerja alat uap sterilisasi elektronik?
Dengan alat ini kita tak butuh cairan kimia atau pembersih, cukup dicolokkan ke steker. Alat ini akan membunuh bakteri dengan uap air yang panas. Prosesnya selama 6-15 menit.

Apa kekurangan alat uap ini?
Kelemahannya hanya karena butuh listrik sehingga tak bisa digunakan di mana saja.

Bolehkah mensterilkan dengan cara merebus peralatan?
Boleh saja. Masukkan peralatan makan ke dalam air mendidih selama 10 menit dan pastikan semua peralatan terendam air. Tapi ingat, dot akan cepat rusak bila direbus, jadi selalu cek kondisi botol dan dot apakah ada kerusakan atau retak.

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI