Sukabumi Update

Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Sambil Berpuasa

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa ibu yang masih menyusui dapat menjalani puasa Ramadan. Tentu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan menyusui sambil berpuasa. Sedangkan untuk ibu baru yang baru memiliki anak pertama dan masih belum terbiasa dengan menyusui, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk puasa

Mengutip laman What to Expect, sebagian besar ahli setuju bahwa puasa tidak akan mempengaruhi produksi ASI (air susu ibu) atau mengganggu kesehatan ibu atau bayi, jika keduanya dalam keadaan sehat. Namun, perlu diingat kalau ibu harus meningkatkan asupan cairan sebelum memulai puasa dan membatasi olahraga atau aktivitas yang intens saat berpuasa, untuk menghindari terlalu banyak membakar kalori yang tidak perlu.

Ibu menyusui harus memastikan asupan cairan agar tidak dehidrasi selama puasa. Selain itu juga perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran saat berbuka puasa dan sahur. Ibu pun harus tahu dan bisa membatasi diri saat sedang puasa. Terlebih lagi sebaiknya tidak  berpuasa setelah melahirkan, karena ibu dan bayi masih belum pulih dari persalinan. 

Sebelum memutuskan untuk berpuasa konsultasikan dengan dokter terlebih dulu. Karena setiap ibu memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda. Konsultasikan juga jika ingin mengkonsumsi suplemen untuk menjaga produksi ASI selama berpuasa.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI