Sukabumi Update

Sepatu Anak Bisa Sebabkan Cedera, Jangan Salah Pilih

 

SUKABUMIUPDATE.com - Sepatu menjadi bagian penting untuk menunjang aktivitas anak. Itu sebabnya, sebelum membeli, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan orang tua, mulai dari ukuran, model, dan bahan dasar. Salah pilih sepatu, akibatnya bisa fatal bagi anak.

Rudo Makuyana, podiatris atau dokter ahli masalah kaki dari Universitas Australia Barat, Australia mengaku sering menemui pasien anak dengan berbagai cedera dan masalah sakit di kaki yang disebabkan penggunaan sepatu yang salah.

Masalah paling banyak ditemukan pada anak dan remaja perempuan yang belum melewati masa puber namun mulai tertarik atau mulai diperkenalkan mengenakan sepatu berhak tinggi. “Mereka sangat rentan mengalami masalah sakit di kaki akibat kesalahan pemilihan sepatu karena mereka memiliki kepadatan tulang yang masih rendah,” jelas Rudo Makuyana.

“Anak-anak cenderung sangat aktif, jadi cedera kaki menjadi hal yang harus sangat dipertimbangkan. Mereka bisa berguling, memutar kaki, dan mencederai dirinya,” Rudo Kamuyama memperingatkan.

Selain potensi cedera kaki, Rudo Makuyama juga menyebutkan adanya potensi peradangan pada lempengan kaki yang mengalami pertumbuhan sehingga menyebabkan rasa nyeri di tumit. Menurut Rudo Makuyama hal ini sangat banyak dialami anak-anak yang sangat aktif.

Sumber: Tempo

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI