Sukabumi Update

Rumah Mode Lekat Bawa Tenun Baduy ke Paris Fashion Week

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah mode Lekat akan menampilkan tenun dari Baduy di peragaan busana di Paris Fashion Week yang berlangsung pada 28 September 2017. Karya perancang busana Amanda Indah Lestari ini merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang tampil dalam ajang fashion tersebut.

Amanda Indah Lestari menghadirkan tenun dari Baduy dengan sentuhan gaya modern berupa potongan yang unik dan bordir. Peragaan busana ini bertema ‘Membawa Keindahan Baduy ke Paris Fashion Week‘. "Saya ingin menggabungkan tren kekinian denim dengan seni tenun tradisional baduy untuk menunjukkan tampilan yang beda dan baru,” ujar Amanda yang dikenal dengan panggilan Mandy, di 1414 Private Preview di Plaza Indonesia, Kamis, 14 September 2017.

Di Paris Fashion Week, Lekat akan menampilkan 24 koleksi terbarunya di Oxford Fashion Studio, di Hotel d‘Evreux pada tanggal 28 September. Selain itu, Lekat juga akan tampil di Tranoi, sebuah pameran pertukaran mode internasional yang akan diadakan di Carrousel du Louvre dan Palais de la Bourse pada 29 September - 2 Oktober 2017. Tranoi adalah jembatan yang menghubungkan desainer dengan pembeli ternama di dunia mode seperti Galeries Lafayette, Barneys, Saks Fifth Avenue, Nordstorm, dan lainnya.

Amanda menjelaskan hasil karyanya mengutamakan kesinambungan yang tercermin dari kesesuaian antara upah kepada perajin dan waktu kerja yang tidak berlebihan. Amanda ingin menunjukan seni tradisional Baduy dan menggambarkan cerita mengenai para penenun perempuan di desa Baduy yang kaya akan kerajinan tangan.

Direktur dari Institut Francais d‘Indonesie (IFI), Christian Gaujac adalah salah satu sosok yang membantu Amanda membuka jalan untuk mengikuti Paris Fashion Week. “Amanda menjelaskan kepada saya kenapa dia ingin mengikuti acara ini dan apa tujuannya. Dia hanya meminta saya untuk memberitahu penyelenggara Paris Fashion Week dan saya bangga bisa membantunya," ujar Gaujac.

Selain dibantu oleh Institut Francais d‘Indonesie (IFI), pada Februari 2017, Lekat melakukan peragaan busana di London, mewakili Indonesia di dua ajang bertaraf internasional, yakni Fashion Scout dan Internasional Fashion Showcase di Somerset House. Dari acara itu pula Amanda disarankan untuk mengikuti Paris Fashion Week.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI