Sukabumi Update

Ingin Melasik Mata, Pahami Dulu 5 Hal Berikut

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki mata yang sehat dan normal sampai tua adalah keinginan banyak orang. Sayangnya banyak yang tak mampu mewujudkan keinginan itu karena masalah mata yang dihadapi sejak usia muda, misalnya mata minus, sehingga membutuhkan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau lensa kontak.

Hanya saja, menggunakan alat bantu penglihatan dianggap merepotkan oleh banyak orang, terutama yang banyak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Kacamata dianggap tidak praktis dan mengganggu pergerakan, serta tak mungkin dilakukan pada olahraga beladiri atau yang banyak kontak tubuh, seperti sepakbola atau rugbi. Lensa kontak pun menjadi solusi, tapi penggunaannya butuh ketelitian dan perawatan khusus sehingga sering membuat orang malas.

Untungnya teknologi semakin maju dengan adanya lasik. Dengan teknologi ini, masalah penglihatan bisa dikoreksi sehingga kita tak butuh lagi alat bantu. Namun biayanya cukup mahal sehingga tak semua orang mampu melakukanya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui soal mengatasi masalah mata dengan laser ini. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan, seperti dilansir Hello.

1. Masalah penglihatan apa saja yang bisa diperbaiki?
Masalah penglihatan mulai dari minus kecil sampai besar, juga presbiopia atau rabun dekat yang membutuhkan kacamata untuk membaca setelah memasuki usia paruh baya.

2. Kondisi apa yang tak boleh melakukan lasik?
Beberapa kondisi yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, misalnya rematik, lupus, atau penyakit yang disebut kolagen vaskular.

3. Apakah perawatan ini permanen?
Hasil operasi dengan laser ini bisa bertahan selama bertahun-tahun. Hasil penelitian menunjukkan penglihatan mereka yang sudah menjalani lasik masih tetap baik setelah satu dasawarsa dikoreksi. 

4. Sakitkah prosesnya?
Tak seperti yang diperkirakan banyak orang, proses lasik tidak sakit. Rasanya memang tidak nyaman, tapi hanya beberapa waktu. Pada hari dioperasi, kelopak mata akan ditahan sehingga tidak bisa berkedip. Dokter bedah juga akan meneteskan cairan bius agar mata mati rasa dan tidak merasakan sakit. 

Rasa tidak nyaman atau tertekan hanya berlangsung 20 detik pada masing-masing mata. Kita harus beristirahat sehari penuh. Banyak pasien yang merasa tidak nyaman selama 4 jam pertama setelah dioperasi setelah itu mata mereka kembali normal. Seluruh prosedur hanya butuh waktu 8-9 menit untuk kedua mata.

5. Apa efek sampingnya?
Kebanyakan orang mengalami mata kering untuk sementara waktu, biasanya 3-6 bulan setelah dilasik. Sebagian lagi mengeluhkan masalah penglihatan di malam hari, seperti buram atau seperti melihat kilatan cahaya. Mata butuh waktu untuk pulih sehingga mungkin terasa kering atau gatal setelah operasi. Tapi masalah ini segera berlalu dan obat tetes mata sangat membantu.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI