Sukabumi Update

Hoaks, Ratusan Sepeda Listrik Disumbangkan Gratis setelah Harga BBM Naik

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut beredar unggahan hoaks di Facebook yang mengeklaim ratusan sepeda listrik akan disumbangkan gratis setelah kenaikan harga BBM diresmikan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika di website resminya pada Rabu, 7 September 2022, menyatakan unggahan hoaks yang tersebar di media sosial Facebook tersebut menyertakan link atau tautan https://bit.ly/3e2DUN4.

Padahal, berdasarkan hasil penelusuran gambar menggunakan metode reverse image search, diketahui salah satu foto pada unggahan tersebut identik dengan foto toko sepeda listrik Uwinfly.

Area Sales Manager Uwinfly Jabodetabek Joko Prisno menjelaskan informasi yang disampaikan dalam unggahan itu keliru. Foto tersebut merupakan sepeda listrik yang dijual di showroom Uwinfly Tangkas, Cibubur, Jawa Barat yang diambil pada 17 Desember 2021.

Adapun tautan yang disematkan dalam unggahan itu menuju pada sebuah aplikasi berbagi video dan tidak berkaitan dengan pembagian sepeda gratis. Unggahan ini masuk sebagai informasi hoaks oleh Kementerian Kominfo.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI