Sukabumi Update

Hoaks, Kabar Soal Jalan di Pangandaran Rusak Akibat Gempa

(Foto Ilustrasi) Beredar video hoaks di YouTube yang menampilkan kerusakan jalan dengan narasi kejadian tersebut sebagai dampak gempa di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar video hoaks di YouTube yang menampilkan kerusakan jalan dengan narasi yang mengeklaim kejadian tersebut sebagai dampak gempa di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Mengutip Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di website-nya, Kamis (5/1/2023), video itu beredar pada 3 Januari 2023 setelah Pangandaran sempat diguncang gempa. Padahal sejauh ini tak dilaporkan adanya kerusakan infrastruktur maupun rumah warga Pangandaran ketika gempa.

Penegasan itu dilansir dari Jabar Saber Hoaks lewat laman Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kemudian BPBD Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menyampaikan bahwa kondisi daerah tersebut, terutama di kawasan wisata pantai, masih dalam kondisi normal.

Baca Juga: Video Hoaks, Jokowi Keluar dari Konfederasi Uni Eropa dan ASEAN

Masyarakat maupun wisatawan tetap beraktivitas seperti biasa meski sebelumnya terjadi gempa bumi yang mengguncang wilayah itu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Kustiman turut menuturkan gempa yang sempat mengguncang Kabupaten Pangandaran tidak terlalu besar sehingga tidak membuat banyak warga panik berlebihan.

Kustiman menyampaikan bahwa setelah terjadi gempa, kondisi tempat wisata di Kabupaten Pangandaran dinilai aman untuk dikunjungi wisatawan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT