Sukabumi Update

Hati-hati Hoaks, Kabar China Gunakan Senjata Kimia untuk Serang TNI

(Foto Ilustrasi) Beredar unggahan video hoaks di Facebook yang mengeklaim China menggunakan senjata kimia untuk melumpuhkan TNI. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar unggahan video hoaks di media sosial Facebook yang mengeklaim China menggunakan senjata kimia untuk melumpuhkan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Mengutip penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di situs resminya pada Kamis (2/2/2023), unggahan itu berisi beberapa potongan video yang memperlihatkan tentara China, TNI, dan Presiden China Xi Jinping yang sedang berpidato.

Baca Juga: Hoaks, Tautan Kuesioner Berhadiah Subsidi BBM Pertamina Senilai Rp 5 Juta

Namun, berdasarkan hasil penelusuran cekfakta.tempo.co yang juga dikutip dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, video yang mengeklaim China menggunakan senjata kimia untuk melumpuhkan TNI adalah keliru atau informasi hoaks.

Video saat Presiden Xi Jinping tampil itu tidak menyampaikan tentang senjata kimia. Ia berpidato jelang tahun baru 2023 terkait pencapaian negaranya selama 2022, memberi hormat atas upaya luar biasa memerangi Covid-19, serta menyerukan persatuan di antara 1,4 miliar orang China untuk mengatasi tugas berat dan melewati masa sulit.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT