Sukabumi Update

Hoaks, Beredar Video yang Diklaim Penculikan Anak di Jawa Barat

(Foto Ilustrasi) Beredar di Facebook sebuah unggahan video hoaks yang diklaim penculikan di Jawa Barat. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan telah beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan video hoaks penculikan anak dengan memperlihatkan seorang pria berpakaian hitam dan memakai helm.

Mengutip penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di situs resminya pada Jumat (3/2/2023), pria tersebut kemudian terlihat berlari menuju sekelompok anak Taman Kanak-kanak (TK) lalu menggendong seorang anak dan membawanya pergi.

Unggahan tersebut bertuliskan "WASPADA KEPADA ORANG TUA JAGA ANAK ANAK KALIAN INI KEJADIAN TADI PUKUL 9 PAGI DI JAWABARAT #VIDEOVIRAL #PENCULIKANANAK #penculikan".

Baca Juga: Hati-hati Hoaks, Kabar China Gunakan Senjata Kimia untuk Serang TNI

Faktanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menegaskan klaim yang mengatakan bahwa telah terjadi penculikan anak di Jawa Barat adalah keliru atau hoaks.

Divisi Humas Polri melalui akun Facebook resminya menyatakan peristiwa dalam video tersebut bukan penculikan anak. Video yang beredar tersebut juga tidak diambil di Indonesia, melainkan merupakan simulasi penanganan penculikan anak di Malaysia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT