Sukabumi Update

Hoaks, Klaim Presiden Jokowi Lantik Bharada E Jadi Jenderal Termuda

Bharada E saat menjalani sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) di ruang sidang KKEP Gedung TNCC, Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/2/2023). | Foto: Tangkapan Layar Kompas TV

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar unggahan hoaks di kanal YouTube yang mengeklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Richard Eliezer atau Bharada E menjadi jenderal termuda.

Mengutip penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di situs resminya pada Rabu (1/3/2023), pada unggahan itu terdapat tulisan thumbnail yaitu "LANGSUNG DARI ISTANA KE PRESIDENAN JOKOWI RESMIKAN BHARADA E, JADI JENDERAL TERMUDA".

Baca Juga: Apa Itu Sanksi Demosi? Hasil Sidang Etik Polri yang Diterima Bharada E

Faktanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menegaskan klaim yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi melantik Bharada E menjadi jenderal termuda adalah tidak benar alias informasi hoaks. Masyarakat pun diminta hati-hati.

Masih dalam penjelasan yang sama, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut video yang beredar tersebut merupakan pelantikan Jenderal (Pol) Idham Azis menjadi Kepala Kepolisian RI (Kapolri) pada tahun 2019.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT