Sukabumi Update

Beredar Hoaks FIFA Putuskan Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Kekinian, beredar video hoaks dengan narasi FIFA putuskan Indonesia tetap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. | Foto: FIFA

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar sebuah video hoaks dengan narasi judul "FIFA Putuskan Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Dengan Syarat Ini".

Mengutip penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di situs resminya pada Senin (3/4/2023), video tersebut diawali dengan pernyataan Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang mengatakan dirinya telah tiba di Qatar.

Erick Thohir dan timnya kemudian disebut sudah siap untuk bertemu dan bernegosiasi dengan Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Pita Hitam dan Suara Kekecewaan dari Sukabumi

Faktanya, narasi judul pada video itu tidak sesuai dengan isi video. Dikutip dari cekfakta.tempo.co, video awal yang menampilkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir identik dengan unggahan Instagram Erick Thohir pada 29 Maret 2023.

Selanjutnya, pada menit ke 1:23, video itu menampilkan foto kolase Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama-sama memegang kaus bertuliskan “Jokowi, 1, Living Football FIFA”.

Faktanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut foto kolase tersebut identik dengan foto yang diambil oleh fotografer media Tempo Julnis Firmansyah yang diunggah dalam di laman tempo.co pada 18 Oktober 2022.

Diketahui, FIFA secara resmi telah membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada Rabu, 29 Maret 2023. Dalam keterangan resminya, federasi sepak bola dunia itu akan segera mengumumkan tuan rumah baru dalam waktu dekat.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT