Sukabumi Update

Awas Hoaks, Video Jalan di Indonesia Mendidih Akibat Cuaca Panas

(Foto Ilustrasi) Beredar unggahan hoaks di Facebook video rekaman jalan aspal mengeluarkan asap dan buih mendidih akibat cuaca panas. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar unggahan hoaks di Facebook berupa video rekaman jalan aspal yang mengeluarkan asap dan buih mendidih akibat cuaca panas yang diklaim terjadi di Indonesia.

Padahal faktanya, mengutip penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di situs resminya pada Selasa (6/6/2023), kejadian yang diunggah dalam video pendek tersebut bukan terjadi di Indonesia, sehingga kabar ini dipastikan tidak benar.

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

Dilansir dari liputan6.com, video serupa pernah diunggah sebuah artikel cek fakta berjudul "Fact Check: Video From Ecuador Fictitiously Shared As Impact Of An Active Volcano Near Mexico City" yang dimuat situs newsmobile.in pada 30 Mei 2023.

Kementerian Kominfo menyatakan peristiwa asli dalam video itu menunjukkan kerusakan Jembatan Layang Pedro Menéndez Gilbert di Kota Guayaquil, Ekuador, disebabkan kebakaran gudang yang terletak di bawah jembatan pada 27 April 2023.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT