Sukabumi Update

Hoaks, Beredar Video Klaim Polisi RW Dikeroyok dan Diusir Warga

(Foto Ilustrasi) Beredar video hoaks di platform WhatsApp yang memperlihatkan seorang polisi berlari dari kejaran sekelompok warga. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar sebuah video hoaks di platform WhatsApp yang memperlihatkan seorang polisi berlari dari kejaran sekelompok warga.

Mengutip penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di situs resminya pada Jumat (9/6/2023), unggahan tersebut disertai narasi "Polisi RW dikeroyok dan diusir Warga mantaaap ! *semoga seluruh Indonesia bergerak melawan penguasa zolim polisi alat kekuasaan segera tumbang. Mulai action Polisi RW".

Dilansir dari cekfakta.solopos.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan klaim video polisi RW dikeroyok dan diusir warga adalah tidak benar.

Baca Juga: Hoaks dan Penipuan, Akun WhatsApp Mengatasnamakan Ketua Baznas Sukabumi

Faktanya, polisi dalam video itu merupakan personel dengan inisial Bripka AR yang memberikan tembakan peringatan saat terjadi kerusuhan pertandingan sepak bola Galacticos CUP I 2023.

Polisi RW merupakan program Polri yang bertujuan sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat atau harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil setingkat rukun warga (RW) di Kabupaten Bireuen, Aceh.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT