Sukabumi Update

Hoaks! Klaim Bawang Putih Lebih Efektif Cegah Covid-19 Dibanding Vaksin

(Foto Ilustrasi) Beredar hoaks yang mengeklaim soal cara kerja bawang putih lebih efektif dibanding vaksin Covid-19 dalam mencegah Covid-19. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar unggahan hoaks yang mengeklaim sebuah lembaga penelitian membuktikan cara kerja bawang putih lebih efektif dibanding vaksin Covid-19 dalam mencegah Covid-19.

Mengutip penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di situs resminya pada Jumat (7/7/2023), dilansir dari Agence France-Presse (AFP), unggahan tersebut telah keliru dalam mengartikan hasil penelitian.

Institut Dohert, lembaga yang melakukan penelitian ini telah mengklarifikasi temuannya tidak menunjukkan aplikasi pengobatan medis bawang putih karena hanya dilakukan di laboratorium.

Baca Juga: Awas Berita Hoaks, Video Peringatan Kiamat Internet oleh NASA

Lebih lanjut, para ahli kesehatan mengatakan tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa bawang putih dapat membunuh atau mencegah Covid-19.

Direktur Kesiapsiagaan Bahaya Menular Global Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Sylvie Briand turut menyatakan meskipun ada manfaat kesehatan dari makan bawang putih, namun tidak ada bukti bahwa bawang putih dapat menyembuhkan Covid-19.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT