Sukabumi Update

Hoaks, Narasi Soal Radiasi Sinyal 5G dalam Vaksin Covid-19 akan Diaktifkan

(Foto Ilustrasi) Beredar unggahan hoaks yang menyebutkan radiasi sinyal 5G akan diaktifkan pada orang yang telah mendapat vaksin Covid-19. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar unggahan hoaks di media sosial yang menyebutkan radiasi sinyal 5G akan diaktifkan pada orang-orang yang telah mendapat vaksin Covid-19 di seluruh dunia.

Mengutip penjelasan di situs Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Jumat (6/10/2023), unggahan tidak benar tersebut juga menyebutkan bahwa pengaktifan radiasi sinyal 5G akan dilakukan pada 4 Oktober 2023.

Faktanya, dilansir dari kompas.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menegaskan narasi pada unggahan tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Baca Juga: Video Hoaks, Anak DN Aidit Provokasi Jokowi agar Bertindak Represif

Dikutip dari leadstories.com, pria dalam video yang beredar adalah Todd Callender. Dia memiliki rekam jejak menyebarkan informasi palsu. Kemudian, vaksin Covid-19 tidak mengandung sinyal 5G atau perangkat yang mampu terhubung dengan sinyal 5G.

Adapun uji coba sistem kedaruratan yang disebutkan pada video tersebut dilakukan oleh Federal Emergency Management Agency (FEMA) Amerika Serikat dan tidak berbahaya serta tidak ada kaitannya dengan vaksin. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT