Sukabumi Update

Hoaks, Ombak Mirip Tsunami Sapu Bersih Tempat Wisata

(Foto Ilustrasi) Beredar video hoaks di YouTube yang mengeklaim ombak mirip gelombang tsunami berhasil menyapu bersih suatu tempat wisata. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo RI) menyatakan beredar video hoaks berdurasi 2 menit 29 detik di YouTube yang mengeklaim terdapat ombak mirip gelombang tsunami berhasil menyapu bersih suatu tempat wisata.

Mengutip situs Kominfo RI pada Kamis (4/1/2024), diketahui bahwa wilayah yang diklaim terdapat ombak mirip gelombang tsunami tersebut berada di Provinsi Banten.

Faktanya, Kominfo RI mengatakan klaim yang menyebutkan terdapat ombak mirip gelombang tsunami berhasil menyapu bersih tempat wisata di Banten adalah tidak benar atau hoaks. Dilansir dari turnbackhoax.id, tak ditemukan informasi kredibel terkait klaim yang beredar.

Baca Juga: Hoaks, Video Mahfud MD akan Kembalikan Pengungsi Rohingya ke Myanmar

Sang narator dalam unggahan video hanya membacakan artikel milik medcom.id tentang imbauan BMKG kepada para nelayan akan cuaca buruk dan gelombang ombak setinggi 2,50 meter di perairan selatan Banten, Samudra Hindia, Banten Selatan, dan Selat Sundara bagian Selatan yang berisiko terhadap keselamatan. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT