Sukabumi Update

[TIDAK BENAR] Klaim Foto RSJ Khusus Pendukung Prabowo

[TIDAK BENAR] Klaim Foto RSJ Khusus Pendukung Prabowo. Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Foto dan narasi hoaks atau kabar bohong tengah ramai memenuhi media sosial. Padahal, tidak semua konten viral sudah terbukti kebenarannya.

Salah satunya beredar sebuah foto dengan gambar bertuliskan "RSJ Khusus Pendukung Prabowo". Merujuk laman cekfakta.com, Tim Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Februari 2024.

Klaim Foto RSJ Khusus Pendukung Prabowo yang Beredar di Media Sosial | Foto: cekfakta.comKlaim Foto RSJ Khusus Pendukung Prabowo yang Beredar di Media Sosial | Foto: cekfakta.com

Unggahan klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo menampilkan sebuah bangunan bertuliskan "Instalasi Gawat Darurat RSJ KHUSUS PENDUKUNG PRABOWO".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut, "Buat Pendukung 02 Gagal Satu Putaran 😁"

Baca Juga: HOAKS! Amplop Gambar Anies-Cak Imin Berisi Uang Rp 300 Ribu

Lantas, benarkah klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com yang dikutip via cekfakta.com!

Hasil Cek Fakta 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo, dengan menangkap layar foto tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya tulisan berjudul "Software Akuntansi Untuk Rumah Sakit" yang dimuat situs acisindonesia.com. Situs acisindonesia.com memuat foto bangunan yang identik dengan klaim terdapat tulisan "Instalasi Gawat Darurat".

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Caleg Stres di Cirebon Sulit Cari Tempat Berobat" yang dimuat situs tribunnews.com, pada 12 April 2014, foto tersebut diberi keterangan "Ilustrasi rumah sakit penampung caleg stres".

Baca Juga: [PREBUNKING] Cuaca Sukabumi dan Aturan Pencoblosan Ulang Akibat Bencana Alam

Situs tribunnews.com mengunggah foto bangunan yang identik dengan klaim terdapat tulisan "Instalasi Gawat Darurat RSJ KHUSUS CALEG GAGAL".

Kesimpulan 

Hasil penelusuran Liputan6.com dalam Koalisi Cek Fakta, klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil editan.

Rujukan

  • https://www.acisindonesia.com/2015/11/01/software-akuntansi-untuk-rumah-sakit/
  • https://www.tribunnews.com/regional/2014/04/12/caleg-stres-di-cirebon-sulit-cari-tempat-berobat

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT