Sukabumi Update

Beredar Video Hoaks Kantor KPU dan Kementerian Dibakar

(Foto Ilustrasi) Beredar video dan unggahan hoaks soal pembakaran kantor KPU. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan beredar video pada platform YouTube sebuah unggahan yang merekam aksi sekelompok orang sedang berlarian di jalan pada malam hari sambil meneriakan kalimat tahlil (La Ilaha Illallah).

Mengutip situs Kominfo pada Jumat (1/3/2024), unggahan tersebut beredar dengan narasi klaim bahwa kejadian itu merupakan update berita yang tidak ditayangkan di televisi yakni terkait kerusuhan yang terjadi di Jakarta. Disebutkan mobil pelat merah, kantor KPU, Bawaslu, dan kementerian, dibakar sampai sistem pemerintahan lumpuh pada 28 Februari 2024.

Baca Juga: Pemilu 2024: Koalisi Cek Fakta Periksa 56 Hoaks dan Publikasikan 107 Artikel

Faktanya, berdasarkan cekfakta.tempo.co, Kominfo menyatakan narasi yang mengeklaim adanya kekacauan pada 28 Februari 2024 di Jakarta berupa kericuhan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan kementerian, adalah keliru.

Kominfo menegaskan video itu merupakan peristiwa kericuhan demonstrasi yang terjadi di dekat kantor Bawaslu di Jakarta pada tanggal 22 Mei 2019. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT