Sukabumi Update

Hoaks! Direktur WHO Sebut Media Independen Harus Dimusnahkan Jelang Penyakit X

(Foto Ilustrasi) Beredar video hoaks dengan narasi Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan media independen harus dimusnahkan menjelang kedatangan penyakit X. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan beredar video hoaks di Instagram yang menampilkan gambar dari situs thepeoplesvoice.tv dengan narasi Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan media independen harus dimusnahkan menjelang kedatangan penyakit X.

Kementerian Kominfo dalam keterangan resminya pada Selasa, 2 April 2024, melansir dari cekfakta.tempo.co, mengatakan berdasarkan hasil penelusuran, video yang beredar identik dengan video yang diunggah kanal YouTube Reuters pada 2 Februari 2024 berjudul "LIVE: Opening session of the World Government Summit | REUTERS”.

Baca Juga: Beredar Video Hoaks Kantor KPU dan Kementerian Dibakar

Dalam pidato Tedros tersebut, lanjut Kementerian Kominfo, tidak ditemukan pernyataan yang eksplisit bahwa WHO akan memusnahkan media-media independen. Saat itu Tedros hanya menyoroti peran berita bohong dan teori konspirasi dalam menghambat penanganan Covid-19.

Sementara itu, situs thepeoplesvoice.tv, yang menyebarluaskan video tersebut, diketahui sering memuat teori konspirasi tentang Covid-19, anti vaksin, kehidupan alien, dan illuminati. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT