Sukabumi Update

Awas Situs Palsu Mengatasnamakan PeduliLindungi

SUKABUMIUPDATE.com - Telah beredar situs palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dengan tautan http://www.pedulilindungia.com/. Tampilan situs tersebut dibuat sama persis dengan tampilan situs aslinya.

Dalam situs palsu ini terdapat laman untuk memasukkan data pengguna dan informasi lain terkait Vaksinasi COVID-19. Selain itu juga terdapat sebuah informasi yang mencantumkan nomor rekening Bank BCA atas nama NURMAINAH.

Baca Juga :

Faktanya, berdasarkan klarifikasi dari Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dedy Permadi, situs dengan tautan http://www.pedulilindungia.com/ adalah palsu, bukan situs resmi dari PeduliLindungi. Adapun situs resmi dari PeduliLindungi adalah pedulilindungi.id.

Pemerintah mengimbau masyarakat tidak mengunduh aplikasi ponsel pintar PeduliLindungi dari link yang tersebar di pesan instan, termasuk WhatsApp. Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta warga mengunduhnya hanya dari sumber resmi seperti App Store dan Google Playstore.

photoIlustrasi. Beredar informasi hoaks melalui thread media sosial Twitter yang mengklaim aplikasi PeduliLindungi telah disalahgunakan oleh oknum di dalam pemerintahan yang juga pelaku usaha untuk menambang data. - (istimewa)</span

"Jangan mengunduh dari link yang mengaku akses PeduliLindungi lewat WhatsApp Grup, yang ternyata link dari orang yang tak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi," ujar Tenaga Ahli Kominfo, Devie Rahmawati, dalam webinar "Vaksinasi Covid-19 Kini dan Nanti", Rabu 8 September 2021.

Dia mengatakan persoalan keamanan data dari aplikasi PeduliLindungi sebenarnya berawal dari diri masyarakat. Menurut dia, banyak dari masyarakat yang justru memamerkan data pribadi yang bisa digunakan sembarangan oleh pihak tak bertanggung jawab.

sumber: Kementerian Kominfo

tags:  situs,palsu,pedulilindung

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI