Sukabumi Update

Cek Fakta: Presiden Jokowi Umumkan Bebas Masker dan Kembali Normal?

SUKABUMIUPDATE.com - Perlu cek fakta dari narasi yang beredar soal Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan Indonesia bebas masker dan kegiatan masyarakat bisa kembali normal . Narasi tersebut dibagikan oleh akun Facebook Ambarawa pada 31 Juli 2021. 

Akun ini memposting sebuah gambar tangkapan layar dari tayangan Kompas TV. Tangkapan layar itu menunjukkan Presiden Jokowi sedang mengadakan konferensi pers. 

Ia didampingi oleh sejumlah staf dan jajarannya, salah satunya adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Dalam keterangannya, Presiden Jokowi disebut sedang mengumumkan Indonesia akan bebas masker, dan kegiatan masyarakat akan kembali normal mulai 32 Juli 2021.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

“Presiden umumkan bebas masker & kegiatan masyarakat kembali normal mulai 32 Juli 2021.”

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi Presiden Jokowi mengumumkan Indonesia bebas masker dan kegiatan masyarakat bisa kembali normal tidak benar.

Faktanya, video asli yang diunggah pada kanal YouTube Kompas TV ini berjudul “Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi Soal UU KPK, RKUHP dan Demo Anarkis”. Video itu diposting pada 26 September 2021.

photoCEK FAKTA Presiden Jokowi Umumkan RI Bebas Masker dan Kegiatan Kembali Normal. - (Turnbackhoax.id)</span

Video tersebut tampak sama dengan gambar tangkapan layar di Facebook. Selain itu, video asli dan palsu itu juga memiliki logo Kompas TV dan keterangan lokasi, yaitu Istana Negara, Jakarta.

Namun, video asli tersebut sama sekali tidak ada kaitanya dengan protokol kesehatan Covid-19, baik penggunaan masker ataupun kegiatan masyarakat yang dibebaskan.

Baca Juga :

Sementara itu, gambar yang diunggah di Facebook pada bagian narasi dibawah “Breaking News” merupakan hasil suntingan. Adapun narasi yang asli adalah “PRESIDEN BERTEMU TOKOH LINTAS AGAMA”.

Dari penjelasan diatas, maka narasi Presiden Jokowi mengumumkan Indonesia bebas masker dan kegiatan masyarakat bisa kembali normal adalah hoaks. Narasi tersebut masuk ke dalam kategori konten parodi.

SUMBER: SUARA.COM

photo

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI