Sukabumi Update

5 Berita Hoaks Seputar Invasi Rusia di Ukraina

SUKABUMIUPDATE.com - Invasi Rusia di Ukraina menjadi sorotan publik di seluruh dunia. Berbagai pemberitaan muncul begitu deras mengenai kabar terbaru kondisi konflik kedua negara tetangga tersebut. Namun, banyak berita hoaks bermunculan.

Menukil laporan suara.com, setidakya ada lima hoaks yang beredar mengenai kondisi perang Rusia dan Ukraina.

1. Video Ayah Ukraina Menangis Berpamitan dengan Putrinya

Beredar di media sosial, seorang ayah Ukraina melakukan perpisahan dengan putrinya. Ayah yang segera menaiki bus tersebut mengucapkan selamat tinggal kepada sang putri yang mengenakan jaket merah muda. Video yang beredar menyatakan sang ayah berpamitan untuk ikut membela negara dari serangan Rusia.

Namun melansir dari laman ukrainefact.org, ayah tersebut bukan pamitan untuk berperang. Video diambil jauh sebelum Rusia menginvasi Ukraina. Video itu awalnya diposting oleh Wali Kota Gorlovka Ivan Prikhodko sebagai propaganda pro-Rusia.

photoIlustrasi. - (Shutterstock)

Gorlovka sendiri adalah wilayah Ukraina yang memisahkan diri dan secara tak langsung berada di bawah kendali Rusia. Video tersebut menampilkan seorang ayah yang tetap berada di Gorlovka dan berpisah dengan keluarganya yang bermigrasi ke Rusia.

2. Foto Istri Presiden Ukraina Mengikuti Militer

Beredar sebuah foto istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yakni Olena Zelenska berada di garis depan membela Ukraina melawan pasukan Rusia. Klaim tersebut memperlihatkan foto perempuan yang mengenakan pakaian tentara.

Namun melansir dari US Today, foto itu bukanlah foto Zelenska. Foto perempuan berseragam militer tersebut menunjukkan seorang tentara Ukraina pada latihan parade militer pada tahun 2021.

3. Presiden Ukraina Melarikan Diri

Menurut ukrainefacts.org, klaim Presiden Ukraina Zelensky melarikan diri dari pada 26 Februari tidak ada bukti. Rumor ini bahkan telah disangkal sendiri oleh Zelensky. Zelensky menyatakan bahwa ia dan keluarga masih berada di Kyiv.

4. Potret Anak-anak Ukraina Hormat pada Tentara

Beredar di media sosial sebuah foto menunjukkan dua anak kecil berpegangan tangan dan memberi hormat kepada pasukan Ukraina setelah invasi Rusia pada 2022. Namun menurut foto tersebut adalah foto lama yang dibagikan oleh Kementerian Pertahanan Ukraina pada 2016.

5. Foto Kehancuran Independence Squere Ukraina Usai Invasi Rusia

Foto Indepence Squere yang diklaim sebagai kondisi setelah invasi Rusia adalah tidak benar. Foto tersebut diambil pada tahun 2014 ketika bentrokan kekerasan meletus antara pasukan anti-pemerintah dan pasukan keamanan Ukraina di Kyiv.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI