Sukabumi Update

Salah, Kabar Soal Kotak Sumbangan untuk Ibu Kota Negara Baru

SUKABUMIUPDATE.com - Beredar foto kotak sumbangan untuk Ibu Kota Negara Baru atau IKN di jagat media sosial membuat heboh. Foto tersebut diunggah oleh seorang pengguna di jejaring media sosial Facebook.

Unggahan memperlihatkan sebuah kotak dengan klaim sebagai tempat sumbangan atau saweran untuk Ibu Kota Negara Baru atau IKN. Kotak tersebut diduga ditaruh di sebuah masjid terlihat dari sajadah karpet dalam foto.

Begini narasi yang dituliskan dalam unggahan tersebut. "Ora. Ngopi dulu bestie biar kuat ngadepin kedunguan makhluk sekolam. Ibu Kota New Minta Saweran"

Lalu benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Melansir dari laman resmi kominfo.go.id, foto kotak sumbangan untuk IKN adalah tidak benar. Faktanya, foto kotak tersebut telah disunting atau diedit oleh seseorang. Potret asli kotak sumbangan itu sebelum mendapatkan editan, tidak ada tulisan seperti yang diklaim pengguna Facebook tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka klaim adanya kotak sumbangan untuk Ibu Kota Negara Baru atau IKN adalah salah atau tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam kategori disinformasi.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI