Sukabumi Update

Hoaks, Narasi Putin Marah Kapal Pertamina dari Rusia Dicegat di Denmark

SUKABUMIUPDATE.com - Beredar narasi yang menyebut Presiden Rusia Vladimir Putih marah besar karena kapal tanker Pertamina dicegat di Denmark. Narasi itu dibagikan kanal YouTube Clean Infotainment. Kanal ini mengunggah video yang menampilkan Putin tengah berpidato.

Akun itu juga memperlihatkan dokumentasi kapal tanker Pertamina yang diberhentikan di Denmark serta judul yang menyatakan Putin marah karena itu. Narasi yang dibagikan, "Vladimir Putin Marah Besar, Kapal Tanker Pertamina Yang Angkut Minyak Rusia, Dicegat Di Denmark."

Lantas, benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan suara.com, narasi yang menyebut Vladimir Putin marah besar karena kapal tanker Pertamina yang angkut minyak Rusia dicegat di Denmark itu tidak benar. Faktanya, video tersebut bukan video Vladimir Putin marah besar karena kapal tanker Pertamina diberhentikan di Denmark.

Video tersebut berisi pidato Putin yang menuduh negara-negara Barat melakukan "cancel culture" atau budaya pengenyahan terhadap Rusia yang kemudian digabungkan dengan video kapal Pertamina yang diberhentikan di pelabuhan Denmark oleh aktivis Greenpeace sebagai bentuk larangan impor bahan bakar fosil dari Rusia.

Video pidato Vladimir Putin itu pernah diunggah oleh kanal YouTube NBC News pada 26 Maret 2022. Video itu berjudul "Putin Claims West Is Trying To Cancel Russia".

Dalam pidato tersebut, Putin menuduh negara-negara Barat melakukan cancel culture teerhadap Rusia dan membandingkan perbuatan itu dengan kebijakan Nazi Jerman saat Perang Dunia Kedua.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi Vladimir Putin marah karena kapal Pertamina dari Rusia dicegat di Denmark adalah hoaks. Narasi tersebut dapat dikategorikan sebagai manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI