Sukabumi Update

Hardiknas 2023: Anggota DPRD Sukabumi Sebut Pendidikan Harus Dimulai Sejak Usia Dini

Ai Sri Mulyati, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil

SUKABUMIUPDATE.com -  Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD negara Republik Indonesia tahun 1945, yang berakar pada nilai nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap pada perubahan jaman. Serta proses pendidikan sejatinya memang harus dimulai dari sejak usia dini.

Hal diatas disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Ai Sri Mulyati seiring dengan diperingatinya Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas yang jatuh pada hari ini Selasa, 2 Mei 2023.

"Dalam UUD 1945, alinea keempat terdapat kalimat mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ini adalah salah satu tujuan pendidikan nasional yang menggambarkan cita-cita luhur bangsa Indonesia, dan untuk menyama-ratakan pendidikan ke seluruh penjuru negeri agar tercapai kehidupan berbangsa yang cerdas," ujarnya kepada sukabumiupdate.com seusai mengajari para anak didiknya di PAUD Panesius, Kampung Cibengang, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Selasa (02/5/2023).

Baca Juga: Harapan Wakil Ketua DPRD Sukabumi di Hardiknas 2023

Melalui pendidkan, menurut Ai maka akan timbul dari diri seseorang untuk berlomba-lomba, memotivasi dirinya agar lebih baik dalam segala aspek kehidupan, karena pendidikan merupakan salah satu syarat untuk lebih memajukan negeri ini.

Sebagaimana diketahui, tutur Ai dalam UU No 20 tahun 2003 bahwa sistem pendidikan di Indonesia itu terdiri dari pendidikan formal, non formal dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya.

"Oleh karena itu, keberadaan PAUD menjadi salah satu lembaga pendidikan yang sangat baik untuk menanamkan karakter sejak dini. Baik karakter terhadap agamanya maupun lingkungan sosialnya," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT