Sukabumi Update

Peringati Sumpah Pemuda di Pabuaran Sukabumi, DPRD dan KNPI Lakukan Baksos

Peringati Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023, DPRD dan KNPI lakukan penanaman pohon dan bagikan air bersih | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji Nurjaman menggelar peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 dengan melakukan kegiatan bakti sosial berupa penyaluran air bersih dan penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikaso, Sabtu (28/10/2023).

Selepas memperingati Hari Sumpah Pemuda 2023 di Kecamatan Pabuaran, bersama Forkopimcam, instansi, OKP, serta warga. Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut langsung turun melakukan penyaluran air bersih kepada warga terdampak kekeringan, dan melakukan penanaman pohon di sempadan Sungai Cikaso.

"Alhamdulilah, peringatan Sumpah Pemuda tahun 2023, diwarnai Baksos berupa penyaluran air bersih kepada warga di Desa Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, juga penanaman pohon di DAS Cikaso," ucap Paoji kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga: Jejak Eks Napiter di Sukabumi, Pedagang dan Guru Ngaji Ditangkap Densus 88

Air bersih yang disalurkan kepada warga sebanyak 5 tangki, dengan jumlah per tangki berisi 5.000 liter. Adapun penanaman pohon bertempat di sempadan Sungai Cikaso sebanyak 1.000 pohon.

"Penanaman dilakukan secara simbolis oleh Pak Camat Pabuaran, Polsek Lengkong, KNPI, OKP dan tokoh masyarakat," jelasnya.

Dalam momentum Sumpah Pemuda ini, Paoji berpesan terhadap para generasi muda, agar menjadi terdepan dalam menjaga dan memelihara Sumber Daya Alam.

"KNPI merupakan generasi penerus yang mandiri dan bersinergi dalam pembangunan. Selain itu, KNPI juga harus hadir membantu memecah persoalan-persoalan sosial di masyarakat, dan menjadi garda terdepan dalam menjaga alam," ungkapnya.

Ketua KNPI Kecamatan Pabuaran, Ali Wahyudin menambahkan dalam rangka mengimplementasikan nilai nilai Sumpah Pemuda DPK KNPI Kecamatan Pabuaran mengajak OKP dan seluruh stakeholder kecamatan untuk bersama sama berkontribusi untuk kemajuan Indonesia, sesuai dengan tema Sumpah Pemuda ke- 95 Bersama Majukan Indonesia.

Baca Juga: Sumpah Pemuda Parungkuda, Sebar Benih Ikan dan Bebersih Sungai Cicatih Sukabumi

Dalam momentum ini, kata Ali, sebagai pemuda ia melakukan aksi lingkungan dengan penanaman pohon di bantaran Sungai Cikaso, dan distribusi air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan.

"Karena isu isu lingkungan hari ini sudah mulai nyata terjadi, sehingga kami berharap pemuda dan seluruh stakeholder melakukan aksi pelestarian lingkungan bukan lagi aksi aksu itu hanya slogan tapi hari ini harus mulai action," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT