Sukabumi Update

Kaesang dan Erina Lakukan Siraman yang Berasal dari 7 Mata Air, Ini Maknanya

Kaesang dan Erina Lakukan Siraman yang Berasal dari 7 Mata Air, Ini Maknanya. | Foto: Instagram/@jokowi/@info_kotasolo

SUKABUMIUPDATE.com - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani prosesi siraman yang telah dilaksanakan tadi pagi Jumat (9/12/2022) sekitar pukul 08.00 WIB. Menariknya lagi, prosesi siraman menggunakan air dari sumber mata air yang berbeda-beda.

Pasangan Kaesang dan Erina menjalankan prosesi siraman ditempat berbeda, Erina di Yogyakarta sementara Kaesang di Solo. Meskipun tidak satu tempat, keduanya sama-sama menggunakan 7 sumber mata air.

7 Sumber Mata Air Prosesi Siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Baca Juga: Rangkaian Acara Nikahan Kaesang Putra Presiden Jokowi, Disiarkan Live di TV!

Lantas dari mana sajakah 7 sumber mata air untuk siraman Kaesang dan Erina? Dihimpun dari Moots.suara.com (Portal Suara.com), berikut ini daftar tempat pengambilan air untuk prosesi siraman keduanya.

1. Masjid Agung Mangkunegara

2. Masjid Agung Kasunanan Surakarta

3. Keraton Surakarta

4. Pura Mangkunegara

5. Umbul Pengging Boyolali

6. Rumah Nenek Kaesang

7. Rumah pribadi Jokowi di Solo.

Juru bicara dari pernikahan Kaesang, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, 7 sumber mata air untuk prosesi siraman yang digunakan Kaesang dan Erina sama seperti yang digunakan olehnya saat menikah dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu.

Baca Juga: Mengenal Royal Ambarrukmo, Tempat Akad Nikah Kaesang dan Erina. Sejarah Hingga Pemilik

"Ya, sama seperti yang saya gunakan untuk nikah," kata Gibran saat diwawancarai awak media beberapa waktu lalu.

Makna Sumber Mata Air yang Berbeda

Seorang ahli budayawan mengatakan, penggunaan 7 sumber mata air untuk prosesi siraman memiliki makna pitulungan, yakni agar kedua mempelai pengantin bisa saling tolong menolong dalam berbagai kondisi baik suka maupun duka.

"7 sumber itu dengan jerih payah, karena sebagai lambang 7 itulah pitulungan. Lalu 7 sumber dicampur dengan bunga setaman nanti orangtua akan memberikan air suci itu kepada putri kesayangannya yang disebut dengan siraman," kata seorang ahli budayawan dilansir dari kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga: Segera Menikah, Kaesang Pangarep Ungkap Rencana Bulan Madu Hingga Soal Anak

Kaesang dan Erina juga menggelar pengajian dan semaan Al-Qur'an sebelum menggelar siraman, Kamis (8/12/2022).

Sementara, hari ini, Jumat (9/12/2022) akan digelar prosesi bleketepe, siraman dan midodareni. Rangkaian acara ini akan dilakukan di kediaman masing-masing mempelai, yakni di rumah Erina di Yogyakarta dan di rumah Kaesang di Solo.

Usai siraman selesai, prosesei selanjutnya dilanjutkan dengan akad nikah, Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Agung Ambaruko, kawasan Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta.

Sedangkan pada Minggu (11/12/2022) keduanya akan menggelar acara ngunduh mantu, kirab pengantin dan resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran, Solo.

Baca Juga: Serba-serbi Pernikahan Kaesang dan Erina: Maskawin, Upacara Adat Hingga Lokasi Acara

Kaesang dan Erina juga akan membagikan ribuan makanan dan suvenir gratis saat kirab pengantin di Jalan Slamet Yoyadi, Solo.

Masyarakat yang menyaksikan prosesi kirab pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dipersilakan mengambil makanan dan suvenir yang telah disediakan secara cuma-cuma sebagai bentuk tasyakuran pernikahan keduanya.

Sumber: Moots.suara.com (Portal Suara.com/Chyntia Sami Bhayangkara)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT