Sukabumi Update

Viral Video Gibran Rakabuming Raka Sebut Ibu Hamil Perlu Asam Sulfat

Gibran Rakabuming Raka | Viral Video Gibran Rakabuming Raka Sebut Ibu Hamil Perlu Asam Sulfat | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden nomor urut 2, kini menjadi topik perbincangan hangat warganet usai sebut ibu hamil membutuhkan asam sulfat.

Kata kunci "ibu hamil" bahkan masuk di jajaran trending di X (Twitter) hingga Selasa (5/12/2023) pagi ini.

Viral Video Gibran Rakabuming Raka Sebut Ibu Hamil Perlu Asam SulfatViral Video Gibran Rakabuming Raka Sebut Ibu Hamil Perlu Asam Sulfat

Cawapres Prabowo itu langsung viral di media sosial dan menjadi buah bibir netizen indonesia.

Baca Juga: 11 Ciri Anak Memiliki Masalah Kepribadian, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Diketahui, sebagaimana merujuk Tempo.co, video berdurasi 14 detik yang diunggah oleh akun @awl*** pada Senin, 4 Desember 2023 pukul 13.01 menunjukkan Gibran Rakabuming sedang menyampaikan materi di tengah empat orang yang duduk di meja.

“Ketika hamil harus dicek, ya, asam sulfat, yodiumnya terpenuhi nggak. Ketika anaknya lahir sampai dua tahun asinya terpenuhi nggak, berat badannya,” kata Gibran di video itu yang tampak dalam kegiatan Diskusi Ekonomi Kreatif di sebuah kafe, dikutip via Tempo, Selasa (5/12/2023).

Belum diketahui kapan video Gibran sebut ibu hamil perlu asam sulfat itu diambil dan kapan acaranya Ekonomi Kreatif Gibran diselenggarakan. Namun, dari video viral itu tampak ramai orang yang menyimak Gibran sedang menyampaikan materi.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Mengalami Masalah Kepribadian, Perhatikan Sikapnya Bund!

Hingga Senin, 4 Desember 2023 pukul 20.57 video Gibran sebut ibu hamil perlu asam sulfat itu sudah mendapat 1,1 juta penayangan sekaligus beragam reaksi dari pegiat media. Akun @M.Haris***, misalnya, ia menyebut harusnya untuk ibu hamil bukan asam sulfat, tetapi asam folat. Topik asam sulfat pun jadi trending topik di jagat X.

“Asam Folat/ Folic Acid C19H19N7O6, bukan asam sulfat/ Sulfuric Acid H2SO4,” kata dia.

Kemudian, akun @N*** menyebut ia meminta calon presiden dari Gibran Rakabuming, yaitu Prabowo Subianto untuk mencari ahli kedokteran untuk menyiapkan materi tentang kesehatan.

“Pak Prabowo duitnya banyak kan, bisa kali hire anak kedokteran buat nyiapin materinya. Ada tim khusus untuk menyiapkan materinya,” kata dia.

Komentar lain muncul dari @Peni*********. Ia menyebut harusnya yang diucapkan Gibran Rakabuming adalah asam folat, bukan asam sulfat. Dia mengatakan pernyataan Gibran salah karena bukan berlatar belakang dari ilmu kesehatan.

“Ya mungkin beliaunya tidak ada background kesehatan,” kata dia.

Baca Juga: 15 Ciri Anak Memiliki Kepribadian Baik, Bunda Bisa Lihat Sikapnya

Sebagai informasi, asam sulfat merupakan bahan untuk produk utama industri kimia, terutama bahan membuat baterai. Menurut Wikipedia, Kegunaan utamanya termasuk pemrosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemrosesan air limbah dan pengilangan minyak.

Sementara itu, berdasarkan laman umsida.ac.id asam folat adalah jenis asam yang membantu pembentukan sel-sel dan sistem organ pada janin seperti otak dan sumsum tulang belakang, pembentukan sel darah merah, serta untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dalam tayangan video lain yang ada di topik asam sulfat ini, Gibran yang diwawancara wartawan tampak menyampaikan permintaan maaf jika ia salah menyebut soal asam folat. "Sori, sori ya, maaf mohon dikoreksi," ujar Gibran.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT